Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Optimalkan Bandara Kertajati, Menhub: Tol Cisumdawu Rampung Desember

Tol Cisumdawu, yang bakal rampung pada Desember 2021, diharapkan bisa melengkapi fungsi Bandara Kertajati.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 30 Maret 2021  |  00:05 WIB
Suasana di ruang tunggu penumpang Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. - Antara
Suasana di ruang tunggu penumpang Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) selesai pada Desember 2021. Nantinya, keberadaan tol ini akan melengkapi operasional Bandara Internasional Kertajati, Majalengka.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dengan selesainya Tol Cisumdawu tersebut, nantinya pergerakan penumpang di Kertajati akan menjadi lebih baik.

"Bapak Presiden mengarahkan bahwa nanti paling tidak Umroh dan Haji semua warga Jawa Barat dan Jawa Tengah bagian Timur itu kita konsentrasikan di Kertajati," katanya, Senin (29/3/2021).

Tak hanya itu, Budi juga mengaku telah mengusulkan agar Bandara Kertajati digunakan untuk beberapa fungsi lain yaitu MRO (maintenance, repair, and overhaul).

Dia memastikan rencana menjadikan Kertajati sebagai pusat MRO sudah dirintis dengan melakukan pembicaraan bersama Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) agar memanfaatkan MRO Kertajati untuk perawatan pesawat militer.

Perawatan ini lanjutnya, juga ditopang kesiapan PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia (GMF) yang sudah mengantongi sertifikat untuk merawat pesawat-pesawat dari Amerika Serikat.

"Kita akan segera bangun [MRO] dan kita akan kembangkan pada lahan-lahan yang sudah dimiliki dan ini akan kita lakukan dengan cepat," sebutnya.

Dia menambahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengarahkan agar MRO tidak saja diperuntukkan untuk merawat pesawat TNI, tetapi juga seluruh pesawat instansi pemerintah seperti BNPB, Basarnas, Kemenhub, hingga Kepolisian sehingga perawatannya relatif lebih baik.

"Selain itu kita juga inginkan MRO ini tidak saja untuk pemerintah tetapi yang akan datang akan digunakan juga MRO pesawat-pesawat private yang selama ini melakukan perawatan di luar negeri," tutupnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top