Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Vaksinasi Covid-19 Perlu Peran Sektor Logistik

Pemerintah menilai vaksinasi Covid-19 memerlukan peran dari sektor logistik terkait dengan proses distribusi ke seluruh wilayah Indonesia.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 24 Maret 2021  |  12:56 WIB
Indonesia merupakan salah satu negara pertama di Asia yang menerima dosis vaksin Covid-19 melalui inisiatif global yang dikelola oleh World Health Organization (WHO).  - Bisnis.com
Indonesia merupakan salah satu negara pertama di Asia yang menerima dosis vaksin Covid-19 melalui inisiatif global yang dikelola oleh World Health Organization (WHO). - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menilai keberhasilan vaksinasi Covid-19 sangat tergantung pada proses distribusi. Pasalnya, sektor logistik berperan penting dalam upaya penyaluran vaksin ke seluruh pelosok wilayah Indonesia.

Staf Ahli Kemenko Bidang Perekonomian Raden Edi Prio Pambudi mengatakan vaksinasi menjadi salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk menggenjot pemulihan ekonomi di kuartal I/2021, selain pemberlakuan kebijakan PPKM berbasis mikro dan pemberian stimulus ke semua sektor tanpa terkecuali.

Menurutnya, hal terpenting dari keberhasilan vaksinasi Covid-19 adalah tersalurnya vaksin ke seluruh wilayah. Tentunya kegiatan ini bergantung pada distribusi yang merupakan bagian dari kegiatan sektor logistik.

"Jadi kami mengharapkan masyarakat usaha logistik juga bisa membantu bagaimana kegiatan vaksinasi ini bisa menyentuh sampai ke seluruh wilayah Indonesia karena secara geografis kan kita negara kepulauan," katanya dalam webinar bertajuk Prospek Ekonomi dan Bisnis Logistik 2021, Rabu (24/3/2021).

Terkait dengan upaya distribusi vaksin, dia berpesan agar sektor logistik dapat mengambil pembelajaran fundamental mengingat vaksin bukan barang yang bisa bertahan lama dan butuh perlakuan khusus. Terlebih, ketepatan waktu menjadi kunci utama dalam kegiatan logistik.

"Membawa vaksin tentu tidak mudah. Inilah yang menjadi pembelajaran mendasar karena logistik itu kunci utamanya adalah tepat waktu. Kepuasan akan terletak pada masyarakat yang merasakan logistik itu bisa tepat waktu," ujarnya.

Sebelumnya Edi menuturkan di kuartal I/2021 perekonomian masih mengalami penyesuaian karena beberapa siklus sehingga kondisinya masih kontraktif.

Mengingat hal itu, pemerintah berusaha untuk mendorong pemulihan ekonomi di kuartal I/2021 dengan beberapa strategi mulai dari vaksinasi Covid-19, PPKM berbasis mikro, hingga memberikan stimulus kepada semua sektor tanpa terkecuali agar kembali bergerak.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Vaksin Covid-19
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top