Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AIA Akuisisi Asuransi Jiwa Bank of East Asia Seharga US$650 Juta

AIA juga akan memperoleh portofolio tertutup dari polis asuransi jiwa yang ditanggung oleh Blue Cross (Asia-Pacific) Insurance Ltd. Pihak yang terlibat dalam akuisisi ini bertujuan untuk menyelesaikan kesepakatan pada akhir tahun ini.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 24 Maret 2021  |  17:55 WIB
AIA Financial - Reuters/Bobby Yip
AIA Financial - Reuters/Bobby Yip

Bisnis.com, JAKARTA - AIA Group Ltd. telah setuju untuk membayar HK$5,07 miliar (US$ 650 juta) untuk unit asuransi jiwa Bank of East Asia Ltd., pemberi pinjaman yang berbasis di Hong Kong yang pemegang sahamnya termasuk Paul Singer's Elliott Management Corp.

Dilansir Bloomberg, Rabu (24/3/2021), sebagai bagian dari perjanjian, Bank of East Asia akan mendistribusikan produk tabungan seumur hidup dan jangka panjang AIA secara eksklusif kepada pelanggan perbankan ritelnya selama 15 tahun.

AIA juga akan memperoleh portofolio tertutup dari polis asuransi jiwa yang ditanggung oleh Blue Cross (Asia-Pacific) Insurance Ltd. Pihak yang terlibat dalam akuisisi ini bertujuan untuk menyelesaikan kesepakatan pada akhir tahun ini.

Menyusul kabar tersebut, saham Bank of East Asia turun 1,8 persen di Hong Kong, sementara AIA turun 3,7 persen.

Penjualan tersebut merupakan bagian dari upaya Bank of East Asia untuk meningkatkan profitabilitas dan mengangkat sahamnya.

Pemberi pinjaman pada September memulai proses divestasi unit asuransi jiwanya dan telah menarik penawar termasuk China Strategic Holdings Ltd., sebuah perusahaan investasi yang didukung oleh miliarder Henry Cheng.

Bank of East Asia adalah salah satu dari sedikit bank keluarga yang tersisa di Hong Kong karena pemberi pinjaman lokal telah diperas oleh pesaing yang lebih besar seperti HSBC Holdings Plc dan Bank of China Ltd.

Pada 2009, China Merchants Bank Co. membeli Wing Lung Bank Ltd . sekitar HK$17 miliar, sementara Yue Xiu Group yang didukung negara menyelesaikan akuisisi mayoritas saham di Chong Hing Bank Ltd. pada 2014.

BEA Life Ltd., perusahaan asuransi jiwa yang dimiliki sepenuhnya oleh bank itu, meningkatkan pendapatan premi baru dari seluruh produk asuransi jiwa dan anuitas sebesar 9,5 kali lipat pada 2020 dari tahun sebelumnya. Itu mendorong peningkatan 83 persen dalam pendapatan komisi BEA dari penjualan produk kehidupan.

AIA didirikan pada 1919 di Shanghai ketika Cornelius Vander Starr memulai bisnis asuransi. Perusahaan yang berbasis di Hong Kong ini sekarang menjadi salah satu perusahaan asuransi jiwa Asia terbesar dengan kehadiran di 18 pasar termasuk China, Thailand, Singapura, Australia.

Perusahaan itu memiliki total aset US$326 miliar pada akhir Desember 2020. Saham AIA di Hong Kong telah meningkat 45 persen pada tahun lalu, memberi perusahaan nilai pasar sekitar US$144 miliar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

akuisisi aia

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top