Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cek Bendungan Way Sekampung di Lampung, Wapres: Selesai Juli 2021

Wapres Ma'ruf Amin mengatakan progres pembangunan bendungan Way Sekampung yang terletak di daerah Banjarejo, Banyumas, Kabupaten Pringsewu, Lampung, sudah 92,33 persen.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 23 Maret 2021  |  06:39 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin(kemeja putih) memantau perkembangan pembangunan bendungan Way Sekampung yang terletak di daerah Banjarejo, Banyumas, Kabupaten Pringsewu, Lampung, kemarin Senin (22/3/2021) - Twitter/@Kiyai_MarufAmin
Wakil Presiden Ma'ruf Amin(kemeja putih) memantau perkembangan pembangunan bendungan Way Sekampung yang terletak di daerah Banjarejo, Banyumas, Kabupaten Pringsewu, Lampung, kemarin Senin (22/3/2021) - Twitter/@Kiyai_MarufAmin

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Lampung kemarin, Senin (22/3/2021). Selain memantau vaksinasi Covid-19, Wapres pun memantau perkembangan pembangunan bendungan Way Sekampung.

Bendungan Way Sekampung yang terletak di daerah Banjarejo, Banyumas, Kabupaten Pringsewu, Lampung tersebut, kata Wapres ditargetkan rampung pada Juli 2021. Pasalnya, progres pembangunan bendungan saat ini sudah mencapai 92,33 persen.

"Bendungan ini dirancang memiliki kapasitas air sebanyak 68 juta meter kubik dan akan dimanfaatkan untuk penyediaan air irigasi sebesar 55.373 hektar serta untuk ekstensifikasi berupa pengembangan daerah irigasi rumbia extension dengan potensi luas 17.334 hektar," jelasnya melalui akun Twitter resminya, @Kiyai_MarufAmin, Senin (22/3/2021) 21.00 WIB.

Wapres mengatakan nantinya bendungan ini juga berpotensi memenuhi kebutuhan air baku untuk Kota Bandar Lampung, Branti, dan Kota Metro.

Selain itu, bendungan Way Sekampung juga berpotensi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Microhydro (PLTM) dengan daya sebesar 5,4 Mega Watt dan destinasi pariwisata di Kabupaten Pringsewu.

Adapun, sebelum meninjau bendungan Way Sekampung, Wapres Ma'ruf memantau vaksinasi Covid-19 di Lampung. Dia pun barharap target vaksinasi harian ditingkatkan dari saat ini yang mencapai 8.000 vaksinasi per hari sehingga target kekebalan komunitas secara nasional dapat segera tercapai. 

Oleh karena itu, Wapres meminta pemerintah daerah mempercepat pelaksanaan vaksinasi dan menambah jumlah penerima vaksin.

"Saya berharap vaksinasi, yang sekarang 8.000 per hari, bisa terus ditingkatkan karena kita ingin supaya tercapai herd immunity dalam jangka waktu satu tahun. Jadi di Lampung ini yang antara 20.000-50.000 ini saya harapkan ada percepatan," kata Wapres Ma’ruf Amin usai meninjau vaksinasi di komplek Kantor Gubernur Lampung.

Saat menyaksikan kegiatan vaksinasi di Lampung, Wapres Ma’ruf mengapresiasi proses yang dilakukan dengan menambah jumlah meja untuk mempercepat penyuntikan tersebut.

"Saya baru saja menyaksikan vaksinasi di Provinsi Lampung dan saya melihat prosesnya bagus; yang biasanya empat meja, sekarang sudah lima meja. Yang pertama untuk melakukan pemeriksaan tentang terutama tensinya supaya diketahui apakah siap apa tidak, tinggi apa tidak," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lampung bendungan Ma'ruf Amin wapres ma'ruf amin
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top