Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Renovasi Stasiun Jatinegara Rampung, Apa Saja yang Baru?

Bangunan baru stasiun Jatinegara dibuat dengan gaya arsitektur futuristik modern minimalis, yaitu gaya arsitektur Eropa yang mencoba menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan di Indonesia.
Kereta api melintas di dekat stasiun Jatinegara, Jakarta, Minggu  5 November 2017./Bisnis-Dedi Gunawan
Kereta api melintas di dekat stasiun Jatinegara, Jakarta, Minggu 5 November 2017./Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan pembangunan fasilitas di  Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, telah rampung.

"Kita lihat bahwa Jatinegara sudah selesai dengan elevated," ujar Budi saat meninjau Stasiun Jatinegara, dikutip tempo.co, Sabtu (20/3/2021).

Pembangunan fasilitas anyar ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanan dari stasiun tersebut. Dengan adanya bangunan lantai dua, kata dia, para penumpang yang hendak menuju masing-masing lajur kereta tidak perlu menyeberangi rel.

"Perlintasan dari orang melalui rel-rel, sekarang ini sudah ada elevated sehingga pelayanannya menjadi lebih bagus," ujar dia. 

Berdasarkan pantauan, penumpang yang hendak naik KRL mesti naik dulu ke lantai dua. Di sana, penumpang bisa membeli kartu perjalanan maupun mengisi saldo uang elektronik di lokat yang tersedia. Setelah itu, mereka bisa langsung memasuki gerbang masuk stasiun sebelum kembali turun ke peron sesuai rute.

Dikutip dari laman resmi krl.co.id, bangunan baru stasiun Jatinegara dibuat dengan gaya arsitektur futuristik modern minimalis, yaitu gaya arsitektur Eropa yang mencoba menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan di Indonesia. Model ini  menggantikan over capping stasiun lama peninggalan Staatsspoorwegen.

Selain penambahan luas pelayanan stasiun, fasilitas ini juga menghilangkan level crossing yang diubah menjadi over pass. Jika selama ini penumpang harus menyeberangi rel jika berpindah peron, maka dengan over pass pengguna jasa lebih mudah dan aman jika melakukan perpindahan peron.

Selain itu, stasiun baru ini dilengkapi dengan  fasilitas pelayanan yang lebih baik  misalnya escalator dan lift untuk memudahkan penumpang khususnya penumpang disabilitas.

Pada lantai pertama terdapat berbagai fasilitas umum seperti musala, tempat wudhu, toilet pria dan wanita, toilet untuk penyandang disabilitas, ruang kesehatan, ruang laktasi, ticket control, loket, serta berbagai ruangan kantor dan pantry.

Untuk konektivitas intermoda antar Kereta Jarak Jauh (Intercity) dan KRL, penumpang bisa mengakses gate tiket di dalam area peron.

Setelah beroperasi secara ultimate, nantinya Stasiun Jatinegara ini akan memiliki 8 jalur dan 4 peron. Adapun jalur 1 dan 2 untuk KRL arah Manggarai, jalur 3 dan 4 untuk KAJJ arah Manggarai, jalur 5 dan 6 untuk KAJJ arah Pasar Senen, dan jalur 7 dan 8 untuk KRL arah Pasar Senen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper