Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini yang Membuat Erick Thohir Bangga kepada Inka

Inka sudah memproduksi kereta rumah sakit yang bisa digunakan pada masa pandemi Covid-19.
Zufrizal
Zufrizal - Bisnis.com 20 Maret 2021  |  08:27 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir sedang mengamati ikan cupang - Instagram/Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir sedang mengamati ikan cupang - Instagram/Erick Thohir

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri BUMN Erick Thohir terus mendorong agar badan usaha milik negara meningkatkan daya saingnya di pasar internasional.

Hal itu tak hanya memperkuat komitmen dan tujuan BUMN Go Global yang sudah dicanangkan Kementerian BUMN, tetapi juga menangkap peluang yang lebih besar atas jasa dan produk BUMN di pasar global.

Hal itu ditekankan Menteri Erick Thohir saat mengadakan kunjungan ke PT Industri Kereta Api (Persero) atau PT Inka di Madiun, Jawa Timur, Jumat (19/3/2021). Dalam kunjungan perdana ke perusahaan manufaktur kereta api dan transportasi terpadu pertama di Asia Tenggara tersebut, Menteri BUMN disambut Direktur Utama PT INKA, Budi Noviantoro.

"Saya bangga PT Inka telah menjadi salah satu lokomotif dalam memperkuat tujuan dari BUMN Go Global. Dengan produk yang sudah digunakan di Asia, Afrika, dan Australia, menandakan produk nasional kita diakui dan mampu terserap pasar global,” ujarnya melalui siaran pers Kementerian BUMN.

Apalagi, kata Erick, jika Inka bisa bekerja sama dengan BUMN di pasar global, hal itu akan menyatukan kekuatan BUMN di luar negeri, sekaligus menciptakan efisiensi operasional.

Dalam 2 tahun terakhir, Inka telah mengekspor beragam jenis produk, seperti lokomotif, kereta penumpang, kereta rel listrik, kereta penggerak, gerbong barang, light rail transit, hingga trem bertenaga baterai yang sudah diuji coba sebagai moda alternatif mengatasi kemacetan di perkotaan transportasi perkotaan.

Bahkan, menurut Dirut INKA Budi Noviantoro, perseroan juga sudah memproduksi kereta rumah sakit yang bisa digunakan pada masa pandemi Covid-19 atau di daerah bencana yang sulit ditembus moda transportasi lain.

Saat ini, Inka bersama PT LEN Industri (Persero) dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. sudah membangun Indonesia Railway Development Incorporated for Afrika di Kinshaha, Kongo dan Indonesia Railway Development Consortium bersama PT KAI (Persero), LEN, dan PT Waskita Karya Tbk. (Persero).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt inka erick thohir
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top