Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini yang Membuat Erick Thohir Bangga kepada Inka

Inka sudah memproduksi kereta rumah sakit yang bisa digunakan pada masa pandemi Covid-19.
Menteri BUMN Erick Thohir sedang mengamati ikan cupang/Instagram-Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir sedang mengamati ikan cupang/Instagram-Erick Thohir

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri BUMN Erick Thohir terus mendorong agar badan usaha milik negara meningkatkan daya saingnya di pasar internasional.

Hal itu tak hanya memperkuat komitmen dan tujuan BUMN Go Global yang sudah dicanangkan Kementerian BUMN, tetapi juga menangkap peluang yang lebih besar atas jasa dan produk BUMN di pasar global.

Hal itu ditekankan Menteri Erick Thohir saat mengadakan kunjungan ke PT Industri Kereta Api (Persero) atau PT Inka di Madiun, Jawa Timur, Jumat (19/3/2021). Dalam kunjungan perdana ke perusahaan manufaktur kereta api dan transportasi terpadu pertama di Asia Tenggara tersebut, Menteri BUMN disambut Direktur Utama PT INKA, Budi Noviantoro.

"Saya bangga PT Inka telah menjadi salah satu lokomotif dalam memperkuat tujuan dari BUMN Go Global. Dengan produk yang sudah digunakan di Asia, Afrika, dan Australia, menandakan produk nasional kita diakui dan mampu terserap pasar global,” ujarnya melalui siaran pers Kementerian BUMN.

Apalagi, kata Erick, jika Inka bisa bekerja sama dengan BUMN di pasar global, hal itu akan menyatukan kekuatan BUMN di luar negeri, sekaligus menciptakan efisiensi operasional.

Dalam 2 tahun terakhir, Inka telah mengekspor beragam jenis produk, seperti lokomotif, kereta penumpang, kereta rel listrik, kereta penggerak, gerbong barang, light rail transit, hingga trem bertenaga baterai yang sudah diuji coba sebagai moda alternatif mengatasi kemacetan di perkotaan transportasi perkotaan.

Bahkan, menurut Dirut INKA Budi Noviantoro, perseroan juga sudah memproduksi kereta rumah sakit yang bisa digunakan pada masa pandemi Covid-19 atau di daerah bencana yang sulit ditembus moda transportasi lain.

Saat ini, Inka bersama PT LEN Industri (Persero) dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. sudah membangun Indonesia Railway Development Incorporated for Afrika di Kinshaha, Kongo dan Indonesia Railway Development Consortium bersama PT KAI (Persero), LEN, dan PT Waskita Karya Tbk. (Persero).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Zufrizal
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper