Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga Uno Bakal Buka Penerbangan Langsung India-Bali

Kabar tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno saat berdiskusi dengan Duta Besar India untuk Indonesia Shri Manoj Kumar Bharti di Ubud, Bali.
Pesawat udara berada di kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (8/3/2019)./ANTARA-Fikri Yusuf
Pesawat udara berada di kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (8/3/2019)./ANTARA-Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia menggandeng Duta Besar (Dubes) India untuk segera membuka penerbangan langsung dari India ke Bali.

Kabar tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno saat berdiskusi dengan Duta Besar India untuk Indonesia Shri Manoj Kumar Bharti di Ubud, Bali pada Rabu (17/3/2021).

Dalam diskusi yang dihadiri Konsulat Jenderal India di Bali, Sandi mengatakan tengah menyusun sejumlah langkah strategis, termasuk kerja sama investasi dan perdagangan antara kedua negara.

"Saya baru selesai berdiskusi tentang rencana pembukaan kembali Bali dengan penerbangan langsung dari India. Tentunya ini sedang kita siapkan, kini dalam tahap finalisasi dan kerja sama-kerja sama lainnya, termasuk kerja sama investasi dan perdagangan serta pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Sandi dalam keterangan resmi, Rabu (17/3/2021).

Dia menuturkan investasi dan perdagangan ini tentunya ada dalam lingkup pariwisata dan ekonomi kreatif. Menurutnya, harus terjadi peningkatan hubungan bilateral untuk bisa membangkitkan ekonomi Bali.

Duta Besar India untuk Indonesia Shri Manoj Kumar Bharti mengatakan pihaknya menyambut baik usulan untuk membangkitkan kembali ekonomi Bali, terutama dari segi pariwisata dan ekonomi kreatif.

Termasuk langkah mengembalikan para turis asal India untuk datang berlibur ke Bali pascapandemi covid-19.

"Dalam waktu dekat kita akan membuka perjalanan [penerbangan] langsung dari India ke Bali. Harapan saya masyarakat India dapat lebih percaya diri untuk datang ketika destinasi wisata dibuka kembali kepada masyarakat umum," jelas Shri Manoj.

Dubes yang baru setengah bulan di Indonesia mengaku melihat banyaknya kesempatan kerjasama antara India dan Indonesia.

Shri Manoj menceritakan pengalaman yang unik dengan bertualang lewat jalur darat di Bali. Tidak hanya keindahan alam, dia melihat indahnya kebudayaan Bali di sepanjang perjalanan.

Apalagi, mayoritas penduduk Bali diketahui adalah umat Hindu sama seperti India.

"Uniknya, saya melihat bagaimana masyarakat Bali melakukan ritual keagamaan setiap hari. Ini tidak pernah terjadi di India," ungkapnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper