Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelni Kaji Usulan Penambahan Kapal Lewati Biak

Pelni sedang mengkaji usulan pemerintah daerah agar kapal perseroan yang melewati Sorong, Ambon, dan Kupang menyinggahi Biak.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 15 Maret 2021  |  14:29 WIB
KM Kelud. Pelni
KM Kelud. Pelni

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni diminta secara khusus oleh pemda Biak agar menambah kapal yang melewati Sorong, Ambon, dan Kupang untuk dapat singgah di Biak.

Pjs. Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Opik Taupik menyampaikan secara spesifik Bupati Biak meminta KM Sirimau dan KM Tidar yang tidak menyinggahi Biak agar menyinggahi Biak langsung dari Manokwari.

"Selaku operator, Pelni menyambut baik permintaan Pemkab Biak ini. Manajemen akan mengkaji kemungkinan tersebut dan melakukan komunikasi dengan Kementerian Perhubungan RI selaku regulator," ujarnya melalui siaran pers, Senin (15/3/2021).

Sebagai informasi, rute dua kapal yang diminta sebagai tambahan kapal oleh Bupati Biak yaitu KM Tidar (Makassar - BauBau - Namlea - Ambon - Tual - Dobo - Kaimana - FakFak - Sorong - Manokwari) dan KM Sirimau (Dobo - Tual - Saumlaki - Kalabahi - Kupang - Maumere - BauBau - Wanci - Ambon - Sorong - Manokwari).

Sementara saat ini, kapal Pelni yang menyinggahi Kabupaten Biak Namfor adalah KM Ciremai (Tg. Priok - Surabaya - Makassar - BauBau - Sorong - Manokwari - Biak - Jayapura) dan KM Sinabung (Surabaya - Makassar - BauBau - Banggai - Bitung - Ternate - Bacan - Sorong - Manokwari - Biak - Jayapura).

Bupati Biak Herry Ario Naap sendiri menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PT Pelni yang selama ini telah menjadi andalan transportasi masyarakat di Biak Namfor. Terkait permintaannya, Herry mengatakan yang mendasarinya adalah karena masyarakat yang ada di wilayahnya cukup banyak yang berasal dari Ambon, Kupang, dan Bali.

Saat ini Pelni sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 76 pelabuhan serta melayani 1.058 ruas.

Selain angkutan penumpang, Pelni juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah 3TP di mana kapal perintis menyinggahi 285 pelabuhan dengan 3.811 ruas. Pelni juga mengoperasikan sebanyak 16 kapal Rede. Sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, kini Pelni mengoperasikan 9 trayek tol laut serta 1 kapal khusus ternak.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelni
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top