Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kilang Pertamina Indonesia Klaim Lampaui Target Produksi

Pencapaian itu merupakan hasil penerapan inovasi dan ide-ide terobosan yang dijalankan secara berkesinambungan oleh SDM kilang yang berjumlah lebih dari 5.400 pekerja.
Kilang Pertamina di Tanjung Priok/Bloomberg - Dimas Ardian
Kilang Pertamina di Tanjung Priok/Bloomberg - Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kilang Pertamina Indonesia mengklaim telah mencatatkan capaian di atas target. Hal itu dorong oleh pelaksanaan efisiensi dan inovasi dalam aktivitas operasional.

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya mengatakan Pertamina berhasil menyerap minyak mentah dan produk intermediate untuk diolah di kilang dengan angka realisasi penyerapan lebih dari 7 persen di atas target. Sementara itu, untuk produk kilang yang dihasilkan mengalami peningkatan lebih dari 11 persen dari target yang ditetapkan.

Di samping itu, Kilang Pertamina juga menghasilkan produk-produk utama kilang lebih tinggi hampir 4 persen di atas target. Produk produk-produk utama tersebut adalah Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Premium, Kerosene, Avtur, Solar & Biosolar, Dexlite, Pertadex, Paraxylene dan Benzene.

“Pencapaian kinerja operasional di Kilang Pertamina merupakan buah dari upaya sinergis dan kolaboratif dari sumber daya manusia yang ada di lingkungan Kilang Pertamina. Hal ini semakin diperkuat dengan penerapan hasil inovasi secara berkesinambungan,” ujarnya seperti dikutip dalam keterangan resminya, Rabu (10/3/2021).

Menurutnya, pencapaian positif itu merupakan hasil penerapan inovasi dan ide-ide terobosan yang dijalankan secara berkesinambungan oleh sumber daya manusia kilang yang berjumlah lebih dari 5.400 pekerja. Inovasi pekerja menghasilkan downstream value creation dengan financial impact lebih dari dua kali lipat di atas target seharusnya.

Beberapa inovasi yang dilakukan Pertamina di bisnis kilang melingkupi inovasi proses, optimasi dan arus minyak, value protection, energy saving, HSSE dan pemenuhan regulasi, dan capability building. Dia mengatakan, inovasi itu menghasilkan value creation sebesar sekitar US$115 juta atau lebih dari 230 persen di atas target.

Disamping itu, sepanjang 2020, Kilang Pertamina mendapatkan pengakuan dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia dalam ajang PROPER dengan raihan capaian 3 Proper Emas dan 2 Proper Hijau.

“Kilang Pertamina bersinggungan erat dengan lingkungan sekitar termasuk masyarakat, melalui pengelolaan lingkungan yang baik, kami optimis dapat menjaga kesinambungan pengelolaan kilang demi pencapaian kinerja operasi yang semakin baik,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper