Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Diminta Tambah Jumlah Vaksin untuk Sektor Pariwisata

PHRI berharap pemerintah menambah jumlah vaksin untuk sektor pariwisata agar seluruh pekerja bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 23 Februari 2021  |  23:21 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran mengatakan sektor tersebut memerlukan lebih banyak jumlah dosis vaksin agar dapat mencakup seluruh pekerja di sektor pariwisata.

Maulana menuturkan jumlah penerima vaksin dalam program Vaksinasi Nasional dari sektor hotel dan restoran sebanyak 103.000 orang dari 1.549 perusahaan setelah melalui proses pengumpulan data selama 2 pekan.

"Data itu sudah diserahkan ke Kementerian Kesehatan [Kemenkes]. Namun, sektor ini membutuhkan lebih banyak vaksin mengingat masih banyaknya pekerja yang belum terdaftar," ujar Maulana kepada Bisnis.com, Selasa (23/2/2021).

Adapun, jumlah penerima vaksin Covid-19 dari sektor pariwisata jauh dari total pekerja yang secara total mencapai 972.000 orang. Terkait dengan hal itu, PHRI telah mengirimkan surat permintaan melanjutkan program ke gelombang kedua.

Namun demikian, kata Maulana, belum ada keputusan dari pemerintah sehingga perhimpunan tersebut masih menunggu kejelasan dari pemerintah perihal keberlanjutan program vaksinasi untuk sektor pariwisata.

Dia menambahkan pelaksanaan vaksinasi direncanakan dilaksanakan pekan ini. Untuk itu, pelaku usaha restoran dan hotel terdaftar diharapkan telah menjalin komunikasi dengan dinas kesehatan di masing-masing daerah.

Masing-masing daerah, sambungnya, saat ini juga masih menunggu ketersediaan vaksin yang akan digunakan. "Kami sekarang sedang memonitor Dinas Kesehatan Provinsi," sambungnya.

Sekadar informasi, jumlah calon penerima vaksin di beberapa daerah, seperti Jambi, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Aceh, tercatat sangat sedikit, sehingga dirasa perlu menambah jumlah di daerah-daerah lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Vaksin Covid-19
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top