Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Integrasi Ruang Kerja Fleksibel Menjadi Keutamaan

Di tengah lanskap ekonomi saat ini, perusahaan harus mampu menangkap peluang untuk menjadi lebih dinamis dalam menerapkan strategi ruang kerja mereka.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 20 Februari 2021  |  18:12 WIB
Salah satu coworking space di Kuningan, Jakarta Selatan. - Reuters
Salah satu coworking space di Kuningan, Jakarta Selatan. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Integrasi ruang kerja (workspace) yang fleksibel kian penting untuk menghadapi realitas di masa pandemi.

Head of Growth for WeWork Southeast Asia Elizabeth Laws Fuller mengatakan bahwa program vaksinasi yang tengah berjalan semakin mempertebal optimisme pemulihan ekonomi di Indonesia. 

Perusahaan kini dituntut berpandangan lebih jauh ke depan dan mengutamakan integrasi ruang kerja fleksibel untuk menyongsong era pemulihan ekonomi.

"Kami melihat perusahaan tak hanya sedang mempertimbangkan ulang untuk memiliki ruang kerja tradisional, tetapi juga mulai memahami pentingnya ruang kerja yang fleksibel untuk menjawab berbagai peluang dan tantangan di masa depan," ujarnya melalui siaran pers, Sabtu (20/2/2021). 

Terdapat 45 persen perusahaan anggota WeWork di Indonesia meyakini bahwa fleksibilitas saat ini adalah kunci keberhasilan bagi dunia usaha. Menavigasi strategi ruang kerja bersama WeWork untuk keberlanjutan bisnis, kini menjadi prioritas baru mereka dalam beradaptasi, mengoptimalkan, dan menjawab kebutuhan di era baru.

Menurutnya, sejalan dengan potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang positif, perusahaan kini perlu berpandangan lebih jauh dalam menjalankan keberlanjutan bisnisnya, tidak hanya berfokus pada masa pandemi. 

"Di tengah lanskap ekonomi saat ini, perusahaan harus mampu menangkap peluang untuk menjadi lebih dinamis dalam menerapkan strategi ruang kerja mereka,” tuturnya. 

Saat pandemi pertama kali melanda, lanjut Elizabeth, kelangsungan usaha menjadi hal penting dalam menerapkan efisiensi operasional. Pasalnya, banyak sektor penting seperti perusahaan jasa keuangan dan farmasi yang harus tetap beroperasi secara fisik. 

Mempertimbangkan faktor eksternal, seperti kecepatan internet, tata letak, dan sewa ruang yang kaku, dunia usaha lantas mengambil pendekatan yang lebih proaktif dari sisi ruang kerja untuk menanamkan kepercayaan dalam operasional mereka.

Seiring dengan berlanjutnya pandemi, perusahaan yang lebih peka terhadap perubahan mulai memprioritaskan fleksibilitas sebagai bagian utama dari perencanaan bisnis mereka. "Fleksibilitas juga menjadi poin penting bagi mereka untuk mendukung perkembangan tenaga kerja," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ruang kerja coworking space
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top