Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menko Airlangga Proyeksi Pandemi Covid-19 Sampai Akhir Tahun, Apa Kabar Pemulihan?

Indonesia adalah salah satu negara yang memberikan vaksinasi lebih awal. Harapannya, sepanjang tahun 2021, vaksinasi selesai dan menciptakan imunitas kelompok.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 18 Februari 2021  |  15:29 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto / Youtube Sekretariat Presiden RI
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto / Youtube Sekretariat Presiden RI

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa dari berbagai pasar modal, ekonomi Indonesia membaik dibandingkan 2020.

Produk domestik bruto Indonesia yang minus 2,07 persen tahun lalu diprediksi berbagai lembaga antara 4,4 persen sampai 4,8 persen untuk 2021.

“Pemerintah menargetkan kenaikan 5 persen dan kemudian Indonesia salah satu negara yang menanggulangi penanganan Covid-19,” katanya melalui diskusi virtual, Kamis (18/2/2021).

Airlangga menjelaskan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang memberikan vaksinasi lebih awal. Harapannya sepanjang tahun 2021 selesai dan menciptakan imunitas kelompok.

Di sisi lain, pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19 melakukan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro. Di saat pembatasan, negara hadir dalam membagikan masker dan beras gratis.

Pemerintah, tambah Airlangga mendorong program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang terbagi atas beberapa sektor. Dari sisi kesehatan, anggaran yang dialokasi sebesar Rp173,3 triliun. Ini meningkat 3 kali lipat dari tahun lalu sebesar Rp63,5 triliun.

Kedua adalah perlindungan sosial. Anggarannya Rp150,2 triliun. Lalu program prioritas dengan alokasi Rp123,8 triliun yang digunakan untuk food estate [lumbung pangan], ketahanan pangan.

Kemudian dukungan UMKM sebesar Rp187,17 triliun atau naik dari Rp173,17 triliun. Kelima yaitu insentif usaha. Stimulus berupa berbagai pengurangan pajak ini Rp53,86 triliun

“Jadi pesannya pandemi Covid-19 sampai akhir tahun dan pemulihan Covid-19 berjalan beriringan,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airlangga hartarto Covid-19 pemulihan ekonomi
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top