Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Iklim Investasi Berubah, BKPM dan BNI Perbarui Kerja Sama

BKPM dan BNI pernah membuat kerja sama serupa di tahun 2013 yang bertujuan untuk memfasilitasi masuknya investor ke Indonesia. Nota kesepahaman yang dibuat kali ini untuk memperbarui kerja sama antar kedua instansi.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 15 Februari 2021  |  16:47 WIB
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melakukan kerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. yang dituangkan dalam nota kesepahaman tentang fasilitasi penanaman modal dan layanan jasa perbankan bagi penanam modal.

Sebelumnya, BKPM dan BNI pernah membuat kerja sama serupa di tahun 2013 yang bertujuan untuk memfasilitasi masuknya investor ke Indonesia. Nota kesepahaman yang dibuat kali ini untuk memperbarui kerja sama antar kedua instansi.

Pembaharuan ini lantaran sudah banyak perkembangan iklim investasi yang terjadi di Indonesia, di antaranya proses perizinan berusaha yang sudah terintegrasi dalam sistem online single submission (OSS) serta hadirnya Undang-Undang 11/2020 tentang Cipta Kerja.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa dalam kondisi pandemi Covid-19 pihaknya terus berkomitmen memfasilitasi para pelaku usaha baik penanaman modal asing (PMA) maupun penanaman modal dalam negeri (PMDN).

Di samping itu, BKPM juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kemitraan antara investor besar dengan pengusaha nasional dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah investasinya. Kolaborasi ini tidak hanya untuk mempromosikan investasi kepada investor besar untuk masuk ke Indonesia, tetapi juga mempromosikan investasi Indonesia ke luar negeri.

“Harapannya agar pengusaha nasional tidak hanya jago kandang, tetapi dapat menjadi pemain global yang diperhitungkan di luar negeri. Di sini peran kolaborasi antara BKPM dan BNI untuk mewujudkan hal tersebut,” katanya saat sambutan yang dikutip melalui keterangan pers, Senin (15/2/2021).

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar menjelaskan bahwa melalui jaringan kantor cabang, baik dalam maupun luar negeri yang dimilikinya, BNI dapat memberikan informasi mengenai peran, fasilitas, dan edukasi terkait dengan peluang penanaman modal bagi para penanam modal.

Setelahnya, BNI dapat memfasilitasi transaksi para penanam modal melalui layanan jasa perbankan yang dibutuhkan oleh para penanam modal.

“Kerja sama ini akan memudahkan baik penanam modal asing yang datang ke Indonesia, maupun penanam modal Indonesia yang akan melaksanakan kegiatan penanaman modal di luar negeri. Selain itu, BNI dan BKPM akan memberikan edukasi melalui seminar, market sounding, forum bisnis, atau melalui kunjungan misi atau delegasi instansi pemerintah negara atau penanam modal,” jelasnya.

Isi dalam nota kesepahaman tersebut mencakup pemberian informasi mengenai peran, fasilitasi, dan edukasi terkait peluang penanaman modal serta transaksi dan jasa perbankan lainnya yang diperlukan para penanam modal.

Lalu, memfasilitasi baik penanam modal asing yang datang ke Indonesia maupun penanam modal Indonesia yang akan melaksanakan kegiatan penanaman modal di luar negeri; kerja sama dalam penyusunan, pengadaan informasi dan pelaksanaan promosi penanaman modal di dalam negeri maupun luar negeri; serta kerja sama dalam promosi dan pengembangan pelayanan perbankan yang disediakan oleh BNI.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bni perbankan bkpm
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top