Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SMF Dukung Pengembangan Pariwisata Sumedang

Melalui pembiayaan homestay ini diharapkan sektor pariwisata di daerah Sumedang ini bisa kembali menggeliat dan memberikan dampak positif bagi daerah dan masyarakat sekitar.
Ahmad Yani
Ahmad Yani - Bisnis.com 15 Februari 2021  |  10:24 WIB
Ilustrasi: Penginapan. - Bisnis
Ilustrasi: Penginapan. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) bersama dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat dan Yayasan Masyarakat Indonesia Emas (YMIE) mengembangkan pariwisata daerah.

Kerja sama tersebut meliputi pengembangan pariwisata daerah di Kabupaten Sumedang melalui pembiayaan pembangunan homestay, pendampingan, pemberdayaan masyarakat, pengawasan, dan pembinaan komunitas kelompok pariwisata.

Direktur Utama  Sarana Multigriya Finansial (SMF) Ananta Wiyogo mengatakan bahwa kerja sama dengan Pemkab Sumedang ini merupakan komitmen SMF untuk ikut mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) khususnya di sektor pariwisata, melalui pembiayaan homestay.

“Sebagai special mission vehicle Kementerian Keuangan RI, SMF siap untuk mendukung upaya pemerintah mempercepat pemulihan ekonomi nasional, khususnya para sektor pariwisata yang terdampak pandemi cukup dalam," ujarnya melalui siaran pers, Senin (15/2/2021).

Melalui pembiayaan homestay ini diharapkan sektor pariwisata di daerah Sumedang ini bisa kembali menggeliat dan memberikan dampak positif bagi daerah dan masyarakat sekitar.

Ananta optimistis dengan berkembangnya homestay di Desa Wisata Kabupaten Sumedang akan menjadi pendorong bergeraknya sektor wisata yang dapat menumbuhkan potensi ekonomi baik bagi pemilik homestay maupun masyarakat sekitar sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Kami yakin bahwa program pembiayaan homestay ini dapat memberikan dampak dari sisi dampak sosial, dimana pembiayaan homestay dapat meningkatkan kualitas aspek kesehatan, pendidikan, pekerjaan, kekayaan, tingkat pendapatan, kualitas hidup, perdagangan, dan kesadaran masyarakat terhadap lingkungannya,” kata Ananta.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir bersyukur karena telah melakukan MoU pengembangan wisata di Kabupaten Sumedang melalui pembiayaan pembangunan homestay.

"Sumedang telah bertekad dan menetapkan pariwisata sebagai core bisnisnya. Oleh karena itu, harus dibangun ekosistem wisata, salah satunya penyediaan tempat menginap atau homestay di beberapa tempat wisata," ucapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata smf
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top