Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Efek PPKM dan Low Season, Penumpang Pesawat AP I Anjlok 35 Persen

Angkasa Pura I secara rutin melakukan pengawasan kepada pengguna jasa bandara untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. 
Salah satu bentuk layanan pelanggan (customer service) virtual di Bandara Lombok yang dikelola PT Angkasa Pura I./Dok. Istimewa
Salah satu bentuk layanan pelanggan (customer service) virtual di Bandara Lombok yang dikelola PT Angkasa Pura I./Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat pergerakan penumpang di 15 bandara kelolaanya mencapai lebih dari 2 juta penumpang  atau turun sebesar 35 persen dibandingkan jumlah penumpang pada Desember 2020 yang mencapai lebih dari 3,1 juta penumpang.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan pada masa PPKM Januari 2021 penumpang di 15 bandara Angkasa Pura I mencapai 2,016 juta pergerakan dibandingkan dengan pada Desember 2020 yang mencapai 3,10 juta pergerakan.

Trafik penumpang tertinggi pada Januari 2021 terdapat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar yaitu sebesar 521.511 pergerakan penumpang, diikuti trafik penumpang di Bandara Juanda Surabaya sebesar 397.064 pergerakan penumpang, dan trafik penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sebesar 206.240 pergerakan penumpang.

Trafik penumpang tertinggi pada Januari 2021 terdapat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar yaitu sebesar 521.511 pergerakan penumpang, llau diikuti Bandara Juanda Surabaya dengan pergerakan penumpang sebanyak 397.064, dan trafik penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sebesar 206.240 pergerakan penumpang.

“Penurunan pergerakan yang terjadi pada Januari 2021 lalu dipengaruhi oleh faktor penerapan kebijakan PPKM dan sektor penerbangan yang tengah memasuki periode low season,” ujarnya melalui siaran pers dikutip, Kamis (11/2/2021).

Penurunan penumpang ini, sebut dia, juga sejalan dengan penurunan pergerakan pesawat pada Januari 2021 sebesar 29.561 pergerakan atau turun 25 persen dibandingkan dengan pergerakan pesawat pada Desember 2021 sebesar 39.857 pergerakan.

Tak hanya itu, lanjutnya, kinerja kargo pada Januari 2021 sebesar 35,86 juta kg, turun dari 44,41 juta kg pada Desember 2020.

Faik juga menginfromasikan selama PPKM menerapkan protokol kesehatan perusahaan terkait pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan bandara.

Selain itu, sejalan dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sejak  awal Januari 2021, Angkasa Pura I juga secara rutin melakukan pengawasan kepada pengguna jasa bandara untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. 

Petugas bandara ditugaskan untuk melakukan pengecekan langsung ke seluruh area terminal masing-masing bandara untuk memastikan pengguna jasa bandara menerapkan protokol kesehatan dengan baik, seperti meggunakan masker hingga menjaga jarak minimal 1,5 meter.

Pengawasan juga dilakukan melalui kamera CCTV yang terpusat pada ruang kontrol sehingga ketika terdapat penumpang yang tidak disiplin, petugas dapat langsung menghampiri dan mengingatkan penumpang tersebut.  

"Angkasa Pura I menjamin bahwa penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid19 di 15 bandara dilakukan secara konsisten dan disiplin. Hal ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan menyukseskan kebijakan Pemerintah terkait pembatasan kegiatan masyarakat," tekannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper