Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bisnis Indonesia Undang BUMN & Swasta Ikut CSR Award 2021

BISRA 2021 merupakan ajang pemberian apresiasi dan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki komitmen dan kontribusi kepada lingkungan hidup, komunitas rentan serta masyarakat berpenghasilan rendah.
Yunan Hilmi
Yunan Hilmi - Bisnis.com 01 Februari 2021  |  19:29 WIB
Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Award (BISRA) 2021.
Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Award (BISRA) 2021.

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis Indonesia bersama dengan Habitat for Humanity Indonesia mengundang kalangan BUMN/BUMD dan perusahaan swasta untuk berpartisipasi sebagai peserta dalam ajang Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Award (BISRA) 2021.

BISRA 2021 merupakan  ajang pemberian apresiasi dan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki komitmen dan kontribusi kepada lingkungan hidup, komunitas rentan serta masyarakat berpenghasilan rendah. Terlebih selama masa pandemi Covid-19 semakin banyak masayarakat rentan yang membutuhkan perhatian.

Susanto Samsudin, National Director Habitat For Humanity Indonesia, menjelaskan BISRA 2021 diadakan di masa pandemi Covid-19 di mana perusahaan dipanggil untuk bergotong-royong membantu komunitas dan masyarakat yang telah membesarkan perusahaan. Konsep hidup harmoni bersama komunitas akan memperkuat reputasi perusahaan.

“BISRA bukan hanya memperkuat reputasi tetapi memberikan sumbangsih kepada negara dengan  membangun komunitas. Bila komunitas kuat negara pun kuat. Bersama membangun negara yang kita cintai,” tegasnya melalui siaran pers , Senin (1/2/201).

Proses penjurian BISRA 2021, menggunakan metodologi survei data secara kuantitatif maupun kualitatif. Hasil dari survei akan dipresentasikan di depan Dewan Juri yang terdiri dari Susanto Samsudin (National Director Habitat For Humanity Indonesia), Maria Y. Benyamin (Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia), dan Vivi Yulaswati (Staf Ahli Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Bappenas).

Maria Y. Benyamin mengatakan BISRA 2021 merupakan gerakan bersama yang tak terpisahkan dari kesadaran global untuk lebih memperhatikan keseimbangan antara profit, people, dan planet.

Ketiga pilar kesadaran tersebut, lanjutnya, telah mendorong lahirnya berbagai inisiatif, termasuk dalam hal menetapkan standar pengelolaan terbaik bagi korporasi untuk terbuka terhadap keberlangsungan dan keberlanjutan masyarakat dan lingkungan. 

“Kami menyadari bahwa banyak perusahaan yang telah mengimplementasikan ketiga pilar kesadaran tersebut dengan mengarahkan kinerja dan operasionalnya pada prinsip-prinsip yang mengutamakan Environmental, Social, dan Government (ESG). BISRA 2021 ingin memberikan apresiasi pada inisiatif dan gerakan yang sudah dilakukan perusahaan-perusahaan yang dengan kesadarannya telah turut terlibat dalam investasi yang berkelanjutan dan berkesinambungan.”

Menurut dia, tantangan pandemi COVID-19 dan bencana yang sering terjadi di Indonesia seyogyanya membuka mata hati setiap pihak untuk terlibat dalam inisiatif bersama guna menciptakan harmonisasi antara kecepatan produksi, kesejahteraan yang berkeadilan, dan daya pemulihan lingkungan. 

Oleh karena itu, tambahnya, BISRA 2021 juga menjadi ajakan positif bagi semua pihak untuk menyadari keberadaan dan peran pentingnya dalam menciptakan dunia yang lebih baik.

Vivi Yulaswati menambahkan semangat gotong-royong dalam penanggulangan Covid-19 di tengah keterbatasan terbentuk dari proses panjang komitmen dan tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat. 

“Saya sangat mengapresiasi Bisnis Indonesia yang berinisiatif menyelenggarakan CSR Award.  Program CSR yang terpilih tentunya akan menjadi contoh luar biasa dan memberikan motivasi bagi perusahaan lainnya agar terus meningkatkan kinerja CSR-nya,” katanya.

Pandemi Covid-19, lanjut Vivi,  juga menambah tantangan Indonesia dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs. Berbagai program reformasi telah diagendakan Pemerintah pada 2021 untuk mengendalikan pandemi dan memulihkan ekonomi.   

“Namun, hal tersebut perlu dibarengi dengan kolaborasi banyak pihak agar terjadi percepatan dalam inovasi dan pencapaian goals, sehingga pembangunan yang lebih inklusif dan berkelanjutan dapat lebih cepat diwujudkan.”  

Sementara itu, Direktur Bisnis Indonesia Chamdan Purwoko menambahkan BISRA 2021 juga bertujuan memberikan motivasi kepada perusahaan di Indonesia agar berkomitmen lebih besar membantu komunitas rentan dan masyarakat berpenghasilan rendah serta peduli pada lingkungan hidup.

“CSR award ini juga merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah yakni percepatan pencapaian sustainable development goals (SDGs). Bagi BUMN, BUMD maupun perusahaan swasta yang memiliki program CSR dan ingin berpartisipasi sebagai peserta dalam penjurian Bisra 2021, silakan klik http://bit.ly/FormulirPendaftaranBISRA2021,” jelasnya.

Menurut dia, pengumuman penerima penghargaan dijadwalkan akan dilaksanakan pada awal April 2021. Penilaian terhadap program CSR perusahaan meliputi enam prinsip yaitu efektif, berdampak, partisipasi, pembelajaran, mengembangkan bisnis, serta berkelanjutan berkeadilan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

csr bisnis indonesia
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top