Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga Cabai dan Ikan Naik karena Cuaca Buruk, Maret Diharapkan Stabil

Cabai rawit dan ikan segar memberikan andil ke inflasi Januari 2021 masing-masing sebesar 0,08 persen dan 0,04 persen.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 01 Februari 2021  |  18:24 WIB
Pedagang cabai rawit di Pasar Legi, Solo, Senin (20/3)./JIBI/SOLOPOS -  Sunaryo Haryo Bayu
Pedagang cabai rawit di Pasar Legi, Solo, Senin (20/3)./JIBI/SOLOPOS - Sunaryo Haryo Bayu

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kenaikan harga beberapa komoditas, seperti cabai rawit dan ikan segar memberikan andil yang besar terhadap inflasi pada Januari 2021.

Inflasi pada bulan pertama tahun ini tercatat sebesar 0,26 persen secara bulanan (month-to-month/mtm), sementara secara tahunan sebesar 1,55 persen (year-on-year/yoy).

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan cabai rawit dan ikan segar masing-masingnya memberikan andil ke inflasi sebesar 0,08 persen dan 0,04 persen.

Dia menjelaskan, kenaikan harga cabai rawit dan ikan segar dikarenakan faktor musiman, intensitas curah hujan yang tinggi sebagai dampak dari la nina sehingga menyebabkan banjir di beberapa sentra produksi.

“Cuaca buruk juga menyebabkan harga meningkat. Kedua ini lebih dikarenakan sisi supply, kami harap sifatnya sementara. Prediksi Kementerian Pertanian di Februari-Maret akan stabil,” katanya, Senin (1/2/2021).

Selain kedua komoditas ini, penyumbang inflasi lainnya yaitu naiknya harga tempe dan tahu mentah yang memberikan andil ke inflasi masing-masingnya sebesar 0,03 persen dan 0,02 persen.

Inflasi tempe dan tahu tersebut disebabkan karena adanya kenaikan harga impor bahan baku kedelai. “Kita memang melihat harga kedelai di pasar internasional mengalami kenaikan sehingga bahan bakunya mengalami peningkatan,” jelasnya.

Dia menambahkan, bencana banjir masih harus diwaspadai di beberapa daerah. Diharapkan, pengaruh dari banjir tidak akan terlalu buruk sehingga kenaikan harga barang bisa tetap terjaga.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi bps ikan harga cabai cabai rawit
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top