Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga Uno Gandeng Grab Perkuat 5 Destinasi Super Prioritas

Menparekraf Sandiaga menggandeng Grab Indonesia untuk memperkuat lima destinasi wisata super prioritas dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.
Supir taksi online melakukan pengisian daya mobil listrik di Jakarta, Kamis (13/2/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Supir taksi online melakukan pengisian daya mobil listrik di Jakarta, Kamis (13/2/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Grab Indonesia berkolaborasi untuk mendukung lima destinasi wisata super prioritas dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S. Uno mengatakanh hal ini merupakan kelanjutan dari Nota Kesepahaman yang ditandatangani pada Mei 2020 mengenai dukungan pemulihan sektor pariwisata dan UMKM Ekonomi Kreatif (Ekraf). Adapun, lima destinasi tersebut yaitu Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

“Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa satu tahun ini akan cukup berat. Jadi, kita fokus pada penyiapan lima destinasi super prioritas. Kerja sama ini diharapkan mampu mendorong industri pariwisata yang mengutamakan protokol CHSE [Cleanliness, Health, Safety, Environmental]," kata Sandiaga dalam siaran pers yang dikutip, Jumat (29/1/2021).

Dia menambahkan penyiapan ini bukan hanya infrastrukturnya atau transportasinya saja, tetapi juga pengalaman yang akan disiapkan untuk para wisatawan, Khususnya di lima destinasi super prioritas, Kementerian telah mempersiapkan program-program dan berkolaborasi dengan banyak pihak untuk mensosialisasikan protokol CHSE.

Sementara itu, President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata senantiasa menciptakan inovasi dan solusi yang dapat memberi dampak positif bagi semua orang. Lewat pemberdayaan para pelaku usaha pariwisata seperti mitra pengemudi hingga digitalisasi UMKM pariwisata, Grab Indonesia akan terus hadir untuk mendukung pemulihan ekonomi Indonesia dengan berpedoman pada protokol kesehatan berbasis CHSE.

"Kami sangat senang dapat menjadi mitra Kemenparekraf dan bersama-sama, kita bangkit dan terus usaha,” jelas Ridzki.

Dia menjelaskan kolaborasi jangka panjang ini akan meliputi beberapa kegiatan seperti melakukan sosialisasi sertifikasi mengenai CHSE kepada para mitra merchant GrabFood melalui aplikasi Grab Merchant. Melatih mitra pengemudi GrabCar dan GrabBike Protect Rental yang ada di seluruh Indonesia, sehingga memiliki kemampuan dasar sebagai pemandu wisata.

Bekerja sama dengan berbagai mitra di bidang pariwisata seperti Agoda, Booking.com, dan Klook untuk menghadirkan informasi paket wisata bagi wisatawan.

Grab Indonesia akan terus melanjutkan kerja sama strategis dengan Kemenparekraf dan pemerintah lokal untuk dapat menghadirkan berbagai paket wisata khususnya di lima destinasi super prioritas yang tidak hanya mencakup mobilitas atau transportasi, tapi juga pesan-antar makanan, pemesanan hotel, tiket atraksi wisata, hingga layanan telemedicine untuk konsultasi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper