Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Oracle Indonesia Yakini Ekonomi Bisa Pulih dengan Kolaborasi Bersama

Oracle dapat berkontribusi terhadap pemulihan di Indonesia dengan dua cara, yaitu membantu dan mendukung sektor kesehatan dan pemulihan ekonomi melalui dukungan untuk bisnis, yaitu melalui transformasi data dan teknologi.
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 27 Januari 2021  |  22:18 WIB
Managing Diractor Oracle Indonesia Davian Omas Berbicara Soal Pemulihan Ekonomi  Pasca Pandemi Covid-19. - Istimewa
Managing Diractor Oracle Indonesia Davian Omas Berbicara Soal Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kolaborasi, antara sektor publik dan swasta dan lintas industri, sangat penting untuk pemulihan ekonomi.

“Sebagai perusahaan dan warga korporat, Oracle berkomitmen untuk menjadi bagian dari upaya ini. Kami juga menjadi bagian dari ekosistem yang lebih luas untuk mengatasi krisis kesehatan masyarakat serta membantu bisnis pulih dari dampak ekonomi Covid-19,” ungkap Davian Omas, Managing Director Oracle Indonesia pada media gathering virtual, Rabu (27/1/2021)

Di Indonesia, Oracle terus mendukung bisnis lokal di seluruh industri untuk memastikan kelangsungan bisnis seiring dengan pemulihan pertumbuhan ekonomi.

Dengan dimulainya penggunaan vaksin di berbagai negara, Davian menyoroti bahwa para pemimpin sektor publik dan swasta harus mulai berpikir jangka panjang menuju pemulihan.

Dia menjelaskan bahwa Oracle dapat berkontribusi terhadap pemulihan di Indonesia dengan dua cara, yaitu membantu dan mendukung sektor kesehatan dan pemulihan ekonomi melalui dukungan untuk bisnis, yaitu melalui transformasi data dan teknologi.

Di bidang kesehatan, ada solusi Oracle Database Catatan Kesehatan Elektronik Nasional (EHR) dan Sistem Manajemen Kesehatan Masyarakat Oracle.

“Ini adalah dua solusi yang dibangun dari awal oleh tim Oracle di seluruh dunia ketika Covid-19 menjadi pandemi global, sistem tersebut telah berperan dalam membantu upaya pemerintah dalam mengumpulkan, memproses dan menganalisis pembaruan status kesehatan dari pasien dan penyedia layanan kesehatan,” katanya.

Di bidang rantai pasok, lanjut Davian, untuk memberikan vaksin kepada masyarakat di lapangan, pemerintah perlu menyiapkan proses dan infrastruktur untuk mengelola ekosistem pengembangan vaksin secara memadai dan efektif.  Vaksin tersebut perlu didistribusikan melalui rantai dingin yang dikontrol suhu, yang sangat sensitif dan memerlukan pemeriksaan kualitas dan kondisi yang stabil.

“Yang memperparah masalah, logistik rantai dingin sangat sulit di iklim yang lebih hangat, dan dengan sebagian besar negara di Asia Tenggara berada di daerah tropis, hal ini dapat menimbulkan hambatan yang signifikan. Untuk mengatasi tantangan ini, Oracle menawarkan Cloud Supply Chain Management untuk membantu pelanggan mempertahankan rantai pasokan yang tangguh untuk menjaga perekonomian tetap berjalan,” kata Davian.

Menurutnya, selama lebih dari satu dekade, Oracle telah membangun solusi rantai pasokan berbasis cloud, tanpa batas dan end-to-end. “Baik perusahaan farmasi yang memasarkan vaksin maupun membantu industri rantai pasokan secara efektif mengelola pengadaan, inventaris, dan logistik, Oracle siap membantu, " ungkapnya.

Dengan Covid-19 yang mempengaruhi ekonomi dan menghambat beberapa industri, pemerintah dan bisnis perlu meningkatkan sikap pekerja di seluruh dunia dengan memungkinkan peningkatan keterampilan untuk talenta digital dan bagaimana bisnis mengelola tenaga kerja mereka.

Studi Oracle AI at Work menemukan bahwa 2020 adalah tahun paling stres dalam sejarah dan berdampak negatif pada 78 persen kesehatan mental tenaga kerja global. Teknologi seperti AI adalah suatu kabar baik bagi cara kerja baru, dengan 75 persen tenaga kerja global mengatakan bahwa AI telah membantu kesehatan mental mereka di tempat kerja.

Di Indonesia, Oracle telah bekerja sama dengan banyak perusahaan untuk memastikan kelangsungan bisnis mereka selama pandemi, di antaranya Bukalapak. Marketplace ini  telah memilih Oracle Cloud Applications untuk membantunya mengelola data keuangan dan tenaga kerja dengan lebih baik seiring perkembangan perusahaan.

Bukalapak telah berhasil menjalankan Oracle Cloud ERP dan Oracle Cloud HCM, yang membantu tim keuangan dan SDM merampingkan proses dan memanfaatkan data untuk beroperasi sebagai perusahaan cerdas yang terhubung.

Dengan Oracle Cloud ERP, tim keuangan dan pengadaan Bukalapak dapat memperoleh visibilitas penuh atas posisi keuangan perusahaan, mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan untuk mengelola akun dan menutup pembukuan mereka sembari memberikan lebih banyak waktu untuk pengambilan keputusan strategis.

Perusahaan ini juga memanfaatkan Oracle Cloud HCM untuk membantu meningkatkan proses pengalaman karyawan seiring dengan terus bertambahnya tenaga kerja.

Kementerian Keuangan Indonesia mengadopsi Oracle Autonomous Database (ADW) untuk memungkinkan transparansi penuh atas transaksi publik dan standar tertinggi pengelolaan data.

“Tujuan utamanya untuk memberikan informasi yang ramah visual, dapat diakses dan mudah dibaca kepada publik dan mengarah pada pengambilan keputusan yang lebih cepat di tingkat administrasi publik, ketika data yang berbeda dapat ditarik dengan mudah dan dalam waktu nyata.”

ADW membantu menjalankan analisis arus transaksi. Hal ini memungkinkan Kementerian Keuangan untuk memprediksi dengan aman kapan ada arus transaksi yang lebih tinggi, seperti pada akhir bulan ketika orang menerima gaji mereka dan untuk menyesuaikan beban kerja mereka untuk produktivitas yang lebih baik.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

oracle Covid-19 pemulihan ekonomi
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top