Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Calon Menkeu AS Janet Yellen Siap Menaikkan Pajak untuk Orang Kaya

Kenaikan pajak tersebut diusulkan dalam rangka mendukung pengeluaran belanja infrastruktur dan perluasan jaring pengaman sosial.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 22 Januari 2021  |  09:36 WIB
Calon Menkeu AS Janet Yellen Siap Menaikkan Pajak untuk Orang Kaya
Calon Menteri Keuangan AS Janet Yellen - reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan Janet Yellen menegaskan akan bekerja sama dengan anggota parlemen untuk mempercepat serangkaian kenaikan pajak perusahaan dan orang kaya dalam rangka mendukung pengeluaran belanja infrastruktur dan perluasan jaring pengaman sosial.

Yellen, yang menunggu persetujuan Senat untuk mengesahkan jabatannya itu, mengirimkan tanggapan tertulis untuk pertanyaan tindak lanjut anggota Komite Keuangan Senat tentang topik yang mencakup perubahan iklim hingga kebijakan sanksi. Dokumen setebal 114 halaman tersebut diperoleh oleh Bloomberg News.

Panel Keuangan Senat dijadwalkan untuk memajukan pencalonan Yellen pada hari Jumat, meskipun pemungutan suara konfirmasi Senat penuh mungkin tidak akan terjadi sampai minggu depan.

Yellen berjanji untuk bekerja dengan anggota Kongres untuk menetapkan apakah rumah tangga yang berpenghasilan kurang dari US$400.000 setahun akan dilindungi dari pembalikan pemotongan pajak yang ditetapkan oleh Presiden Donald Trump tahun 2017. Ini adalah insentif yang dijanjikan Biden di masa kampanye.

Dia juga menghindari pertanyaan apakah pencabutan pemotongan pajak negara bagian dan lokal, seperti yang diusulkan oleh Biden, akan memberikan pemotongan pajak yang besar bagi orang Amerika yang kaya sementara tidak melakukan apa-apa bagi mereka yang berada di bagian bawah distribusi pendapatan.

Yellen secara langsung menanggapi kritik terhadap rencana Biden untuk mengurangi ambang batas pajak federal estate, dengan mengatakan sekitar enam terkaya dari setiap seribu perkebunan akan menghadapi pajak berdasarkan rencana tersebut.

Yellen membantah kritik dari Partai Republik yang menaikkan suku bunga perusahaan menjadi 28 persen dari 21 persen seperti yang diusulkan Biden akan membuat AS kurang kompetitif. Uang itu dapat digunakan untuk berinvestasi dalam infrastruktur dan program lain yang meningkatkan bisnis Amerika, katanya.

Dia menyarankan orang kaya dapat diaudit dengan tarif yang lebih tinggi di bawah masa jabatannya. Penegakan IRS yang lebih kuat adalah salah satu cara untuk menghindari Kongres dalam mendatangkan lebih banyak pendapatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pajak janet yellen Joe Biden

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top