Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dorong Transformasi Digital, Jokowi: 2021 Momentum RI Jadi Negara Maju

Jokowi meminta agar tahun 2021 ini dijadikan momentum untuk bangkit dan melewati masa krisis hingga menjadikan Indonesia sebagai sebuah negara yang semakin tangguh dan maju.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 21 Januari 2021  |  13:25 WIB
Presiden Joko Widodo menghadiri acara Kompas100 CEO Forum Tahun 2021 secara virtual pada Kamis, 21 Januari 2021 dari Istana Negara, Jakarta / Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo menghadiri acara Kompas100 CEO Forum Tahun 2021 secara virtual pada Kamis, 21 Januari 2021 dari Istana Negara, Jakarta / Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Indonesia memiliki potensi yang sangat besar di sektor ekonomi hijau (green economy) dan ekonomi digital.

“Saya lihat green product akan berkembang, baik yang low carbon, resource efficient, socially inclusive, semuanya kesetaraan sosial mengurangi risiko lingkungan, dan efisiensi sumber daya,” kata Jokowi dalam acara 11th Kompas100 CEO Forum, dikutip dari YouTube Harian Kompas, Kamis (21/1/2021).

Menurutnya, saat ini banyak negara di Eropa yang sudah mulai mengundangkan penggunaan green product atau produk ramah lingkungan sehingga di masa mendatang produk-produk tersebut akan berkembang.

Ditambah lagi, optimisme Kepala Negara semakin tinggi akan perkembangan produk hijau dan ekonomi hijau di Indonesia karena kesadaran masyarakat akan lingkungan hidup juga semakin tinggi.

Pada tahap selanjutnya, hal tersebut diyakini akan turut memengaruhi ekonomi dan bisnis global, yang tentunya juga akan berdampak pada perekonomian Indonesia. Menurutnya, Indonesia memiliki kesempatan yang besar masuk ke produk hijau dan ekonomi hijau baik dari sisi produksi, distribusi, dan konsumsi.

Lebih lanjut, Jokowi juga menyampaikan bahwa di era digitalisasi seperti saat ini, digital economy atau ekonomi digital adalah sebuah keniscayaan.

“Pemerintah, pendidikan, kesehatan semuanya harus masuk pada digitalisasi, sehingga makin efisien makin kompetitif dan bersaing dengan negara-negara lain,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, Kepala Negara meminta seluruh pihak untuk dapat menjawab tantangan sekaligus peluang yang ada tersebut.

"Tahun 2021 adalah momentum kita untuk bangkit. Jika kita mampu melewati masa krisis ini dengan baik, kita akan lebih siap menjawab tantangan-tantangan ke depan dan bertransformasi karena kita menjadi sebuah kekuatan ekonomi baru, semakin tangguh, dan menjadi negara maju," ucap Jokowi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi transformasi digital ekonomi digital
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top