Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenkes: BPOM yang Akan Lihat Keamanan Pfizer  

KIPI vaksin Covid-19 merek Pfizer yang terhubung dengan kematian serta alergi parah di beberapa negara menjadi sorotan Indonesia sebagai salah satu negara yang melakukan negosiasi dengan penyedia vaksin buatan Amerika Serikat tersebut. 
Tim Vaksinasi Covid-19./Dok. Satgas Covid-19
Tim Vaksinasi Covid-19./Dok. Satgas Covid-19

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tidak berkomentar banyak mengenai kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) vaksin Pfizer di Norwegia yang disebut terkait dengan meninggal dunianya 29 orang setelah diberikan vaksin. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi mengatakan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) akan memastikan keamanan dari vaksin yang masih dinegosiasikan tersebut sebelum kemudian dikeluarkan izin penggunaannya di Tanah Air.

"BPOM yang akan melihat lebih jauh sehingga bisa memastikan keamanan dari vaksin Pfizer sehingga bisa dipastikan keamanannya sebelum kemudian dikeluarkan izin penggunaannya," ujar Nadia kepada Bisnis, Selasa (19/1/2021).

Diberitakan sebelumnya, KIPI vaksin Covid-19 merek Pfizer yang terhubung dengan kematian serta alergi parah di beberapa negara baru-baru ini menjadi sorotan Indonesia sebagai salah satu negara yang melakukan negosiasi dengan penyedia vaksin buatan Amerika Serikat tersebut. 

Vaksinasi Pfizer di Norwegia menyebabkan kematian 29 orang seperti yang dilaporkan oleh Bloomberg akhir pekan lalu. Pemerintah Amerika Serikat juga melaporkan 21 kasus alergi parah dari 14-23 Desember 2020 dari penyuntikkan vaksin tersebut.

Juru Bicara PT Bio Farma Persero Bambang Heriyanto mengatakan sebagai perusahaan yang ditunjuk pemerintah melakukan negosiasi dengan Pfizer terus menyoroti perkembangan proses vaksinasi global, termasuk KIPI di Norwegia dan Amerika Serikat.

"Kami saat ini masih terus memantau perkembangan terkait vaksin dan vaksinasi di dunia internasional. Tentunya, pemerintah akan mengutamakan kesehatan dan keselamatan seluruh masyarakat," ujar Bambang kepada Bisnis.

Sampai dengan saat ini, kata Bambang, proses pengadaan vaksin Covid-19 dengan pihak Pfizer masih on progress dan belum ada target terkait dengan waktu kedatangan.

"Belum ada keputusan final terkait dengan rencana pembelian vaksin dari Pfizer," sambungnya.

Kendati demikian, belum diketahui seberapa besar pengaruh KIPI di Norwegia dan Amerika Serikat tersebut terhadap proses negosiasi vaksin antara Indonesia dan Pfizer.

Perlu diketahui, korban meninggal dunia setelah mendapatkan vaksinasi Pfizer di Norwegia berusia di atas 80 tahun. Fakta tersebut tentunya perlu menjadi perhatian serius pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper