Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asyik, DAMRI Layani Rute Jalan-Jalan Yogyakarta-Borobudur

DAMRI melayani trayek angkutan antarmoda Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Salah satunya adalah layanan pada rute Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) – Borobudur, dan Malioboro – Borobudur.
DAMRI. Hadirnya akses transportasi di Kawasan Candi Borobudur ini dapat membantu masyarakat melakukan perjalanan wisata maupun bisnis, serta meningkatkan kembali perekonomian, terutama bidang pariwisata dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). /Kementerian BUMN
DAMRI. Hadirnya akses transportasi di Kawasan Candi Borobudur ini dapat membantu masyarakat melakukan perjalanan wisata maupun bisnis, serta meningkatkan kembali perekonomian, terutama bidang pariwisata dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). /Kementerian BUMN

Bisnis.com, JAKARTA - DAMRI bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan melayani trayek angkutan antarmoda Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Salah satunya adalah layanan pada rute Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) – Borobudur, dan Malioboro – Borobudur.

"Hal tersebut merupakan bagian dari inovasi DAMRI untuk memperkuat jaringan transportasi darat, sekaligus mendukung peningkatan perekonomian kawasan pariwisata di Yogyakarta dan sekitarnya," seperti dikutip dari siaran pers DAMRI, Kamis (14/1/2021).

Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) ini merupakan kawasan yang memiliki fungsi utama yakni pengembangan pariwisata yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Salah satu yang ditetapkan adalah KSPN Borobudur yang terdapat di Jawa Tengah dan Malioboro yang terdapat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Angkutan antarmoda yang dilayani DAMRI untuk mendukung KSPN tersebut adalah:

  • Rute 1 : Malioboro - Taman Satya - Bantul - Pantai Parangtritis - Pantai Baron - Malioboro dengan tarif yang dikenakan sebesar Rp. 20.000,-. Jam keberangkatan mulai pukul 04.30 WIB - 11.30 WIB dengan waktu tempuh 5 jam.
  • Rute 2 : Bandara YIA - Jalan Kyai H.M Yunus - Kalirejo - Jalan Sermo Grimulyo - Tebing Gunung Gajah - Goa Kiskendo - Nanggulan - Mendut - Candi Borobudur tarif yang dikenakan sebesar Rp. 20.000,-. Jam keberangkatan mulai pukul 05.00 WIB - 14.00 WIB dengan waktu tempuh 2,5 jam.
  • Rute 3 : Bandara YIA - Ambar Ketawang - Wirobrajan - Universitas Gajah Mada - Jalan Affandi - Hartono Mall - Terminal Condong Catur tarif yang dikenakan sebesar Rp. 25.000,-. Jam keberangkatan mulai pukul 04.00 WIB - 15.25 WIB dengan waktu tempuh 2 jam.
  • Rute 4 : Bandara YIA - Gamping - Ring Road Barat - Terminal Jombor - Komplek Pemerintah Daerah Sleman - Sleman City Hall tarif yang dikenakan sebesar Rp. 25.000,-. Jam keberangkatan mulai pukul 06.15 WIB - 17.20 WIB dengan waktu tempuh 1,5 jam.
  • Rute 5 : Malioboro - Tebing Breksi - Candi Ratu Boko - Candi Prambanan - Candi Borobudur - Malioboro tarif yang dikenakan sebesar Rp. 20.000,-. Jam keberangkatan mulai pukul 05.30 WIB - 12.30 WIB dengan waktu tempuh 5 jam.
  • Rute 6 : Bandara YIA - Purworejo - Jalan Veteran - Jalan Purworejo Salaman - Jalan Diponegoro - Jalan Raya Borobudur - Candi Borobudur tarif yang dikenakan sebesar Rp. 20.000,-. Jam keberangkatan mulai pukul 07.00 WIB - 13.00 WIB dengan waktu tempuh 1,5 jam.

DAMRI berharap dengan hadirnya akses transportasi di Kawasan Candi Borobudur, Jawa Tengah, ini dapat membantu masyarakat melakukan perjalanan wisata maupun bisnis, serta meningkatkan kembali perekonomian, terutama bidang pariwisata dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Seluruh operasional DAMRI telah dijalankan menurut standar operasional prosedur (SOP), yang mengedepankan faktor keselamatan, keamanan, dan kenyamanan. Selain pengaturan dengan jaga jarak penumpang di dalam armada, DAMRI telah memperketat protokol kesehatan lainnya mulai dari wajib penggunaan masker penumpang dan pramudi, mencuci tangan sebelum masuk armada, penyediaan hand sanitizer serta penyemprotan desinfektan pada seluruh armada yang beroperasi.

Selain itu, dalam melakukan aktivitas usaha, DAMRI memberlakukan standar ketat dalam memberikan pelayanan terbaik dengan mengutamakan 5K, yaitu Ketepatan, Keselamatan, Keamanan, Kenyamanan, dan Kesehatan Penumpang dan Pramudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper