Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Usai Kerusuhan di Capitol, Perusahaan AS Ramai-Ramai Tangguhkan Donasi Politik

Pasca kerusuhan di Gedung Capitol minggu lalu (6/1/2021), perusahaan ternama seperti Citigroup Inc., Goldman Sachs dan lainnya memutuskan untuk menangguhkan donasi politik. Bahkan, beberapa dengan terang-terangan tidak akan mendukung partai Republik.
JP Morgan Chase/Reuters-Lucas Jackson
JP Morgan Chase/Reuters-Lucas Jackson

Bisnis.com, JAKARTA - Goldman Sachs Group Inc., Citigroup Inc., dan JPMorgan Chase & Co. berencana untuk menghentikan sementara semua kontribusi politik. Ketiga lembaga finansial global itu bergabung dengan kelompok perusahaan yang mengubah atau meninjau kebijakan donasi mereka setelah kerusuhan di Capitol dalam seminggu terakhir.

Goldman masih merumuskan langkah-langkahnya yang mungkin akan membatasi donasi politik di masa depan kepada para pemimpin terpilih yang berjuang untuk membatalkan hasil pemilu 2020. Seorang perwakilan dari perusahaan tersebut mengkonfirmasi rencana tersebut.

JPMorgan, bank AS terbesar berdasarkan aset, mengatakan pihaknya merencanakan penangguhan enam bulan untuk Partai Republik dan Demokrat. Citigroup mengatakan pihaknya bermaksud untuk sementara menghentikan semua kontribusi politik pada kuartal ini.

"Kami ingin Anda diyakinkan bahwa kami tidak akan mendukung kandidat yang tidak menghormati aturan hukum," kata Candi Wolff, kepala urusan pemerintahan global Citi, mengatakan dalam sebuah memo kepada karyawan, dilansir Bloomberg, Senin (11/1/2021).

Tindakan dari bank-bank tersebut menyusul pengumuman Marriott International Inc., yang mengatakan akan menangguhkan sumbangan kepada senator Republik yang memilih menentang pengesahan Presiden terpilih Joe Biden, setelah.

Raksasa hotel itu adalah salah satu perusahaan donor pertama yang mengumumkan pemutusan hubungan keuangan dengan anggota parlemen setelah kerusuhan Capitol Hill oleh pendukung Presiden Donald Trump.

Sementara banyak perusahaan Amerika dengan cepat mengutuk kekerasan tersebut, hanya sedikit perusahaan yang secara terbuka berjanji untuk memutus dukungan keuangan kepada pejabat terpilih yang mendukung klaim Trump atas kecurangan pemilu yang tak berdasar.

"Kami telah mempertimbangkan peristiwa di Capitol untuk merusak pemilihan yang sah dan adil dan akan menghentikan pemberian politik dari Komite Tindakan Politik kami kepada mereka yang memberikan suara menentang sertifikasi pemilihan," kata juru bicara Marriott.

Keputusan Marriott pertama kali dilaporkan oleh Popular Information, buletin politik yang mensurvei 144 donor perusahaan tentang rencana donasi mereka di masa depan kepada delapan senator Partai Republik yang keberatan dengan sertifikasi pemilu.

Peristiwa dalam seminggu terakhir telah memicu reaksi balik pada politisi termasuk Senator Missouri Josh Hawley, yang mendukung klaim Trump dan terlihat memberi hormat kepada pengunjuk rasa sebelum mereka menyerbu Capitol.

Wolff dari Citi Bank mengatakan perusahaan tersebut memberikan US$1.000 untuk kampanyenya pada 2019. Alasannya, Hawley mewakili negara bagian yang memiliki kehadiran karyawan yang cukup besar.

Peter Scher, kepala tanggung jawab perusahaan JPMorgan, mengatakan bahwa fokus para pemimpin bisnis, politik dan sipil sekarang harus pada mengatur dan mendapatkan bantuan bagi mereka yang membutuhkan.

"Akan ada banyak waktu untuk berkampanye nanti," kata Scher dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya Chief Executive Officer Jamie Dimon bergabung dengan kepala perusahaan terbesar Wall Street lainnya yang menyerukan agar kekerasan dihentikan di Capitol dalam seminggu terakhir.

Adapun, Marriott terkait erat dengan Senator Utah Mitt Romney, mantan anggota dewan dan kritikus vokal Trump.

Blue Cross Blue Shield Association, sebuah jaringan asuransi, dan pemilik Commerce Bank, Commerce Bancshares Inc. juga mengatakan kepada Popular Information bahwa mereka menangguhkan semua dukungan kepada anggota parlemen yang menentang hasil Electoral College.

Bank of America Corp, Ford Motor Co, dan AT&T Inc. mengatakan mereka akan mempertimbangkan peristiwa-peristiwa baru-baru ini sebagai pertimbangan sebelum sumbangan di masa mendatang. CVS Health Corp., Exxon Mobil Corp., Wells Fargo & Co. dan beberapa donor lainnya mengatakan mereka sedang meninjau kebijakan mereka tentang pemberian politik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper