Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumber Kekayaan Jack Ma dan Caranya Menghabiskan Uang

Jack Ma yang saat ini berstatus orang hilang adalah orang terkaya kedua di China, dengan perkiraan kekayaan Rp854 triliun.
Presiden Grup Bank Dunia Jim Yong Kim (kiri) bersama Pendiri Alibaba Jack Ma menjadi pembicara di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018)./ANTARA-M Agung Rajasa
Presiden Grup Bank Dunia Jim Yong Kim (kiri) bersama Pendiri Alibaba Jack Ma menjadi pembicara di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018)./ANTARA-M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA -- Jack Ma saat ini berstatus orang terkaya kedua di China, dengan perkiraan kekayaan Rp854 triliun. Pria berusia 56 tahun ini adalah pendiri raksasa e-commerce Alibaba.

Sebagai informasi, Alibaba  adalah pasar digital terbesar di China, menaungi sekitar 80 persen dari semua penjualan online di China. Setelah 20 tahun ikut mengurus Alibaba, Ma pada September 2019 mengumumkan mundur sebagai ketua eksekutif. 

Kisah Jack Ma telah menjadi inspirasi banyak orang. Pasalnya miliarder ini bukan dari keluarga kaya dan juga bukan lulusan universitas unggulan. Ma memulai karir sebagai guru bahasa Inggris, di mana dia hanya menghasilkan US$12 sebulan atau sekitar Rp167.000 dengan kurs Rp15.325.

Ditolak merupakan hal lazim bagi Jack Ma. Universitas Harvard menolaknya 10 kali dan dia ditolak oleh 30 perusahaan, termasuk KFC.

Nasibnya mulai berubah saat melihat peluang dari internet. Tanpa latar belakang teknologi atau bisnis, dia mendirikan Alibaba dengan bantuan 17 temannya pada tahun 1999.

Pasar digital menghubungkan pelanggan China dengan produsen. Itu pun tidak berjalan mulus. Alibaba menghadapi ledakan gelembung dot-com pada tahun 2000 dan persaingan dari usaha eBay di Cina, EachNet. Namun dengan bantuan investasi dari Yahoo, perusahaan itu mulai berdiri pada pertengahan tahun 2000-an.

Kemudian, pada 2014, Alibaba go public dalam IPO terbesar dalam sejarah AS. Melantai di bursa langsung membuat Ma menjadi orang terkaya di China.

Alibaba meraup uang melalui situs ritel Taobao, layanan pemrosesan pembayaran Alipay, di mana Ma memegang hampir 50% sahamnya, dan situs media sosial China yang populer, Weibo.

Tak hanya berkutat di bisnis e-commerce, di bawah kepemimpinan Ma, Alibaba memiliki South China Morning Post dan bahkan studio film yang berinvestasi dalam film seperti "MissionImpossible - Rogue Nation" dan "Star Trek Beyond". Alhasil, sejak Ma menjadi ketua eksekutif pada tahun 2013, pendapatan Alibaba telah tumbuh sebesar ribuan persen. 

Namun di luar Alibaba, aliran pendapatan Ma sangat beragam. Pada tahun 2010, Ma dan empat rekannya mendirikan perusahaan modal ventura Yunfeng untuk menangani sebagian besar investasi pribadi Ma. Ma juga memiliki saham di Yahoo China.

Dengan kekayaan tersebut, Ma rasanya bisa memilih gaya hidup apapun. Namun ternyata tidak demikian. 

Ma mengendarai SUV Roewe RX5 sederhana yang harganya hanya US$15.000 atau setara Toyota Avanza. Dia juga tidak menghabiskan banyak uang untuk hobi.

Mengutip Business Insider, Ma sedang bermeditasi, bermain poker, dan berlatih tai chi, hobi yang kemudian membuatnya membintangi film kung fu.

Ma tercatat menghabiskan banyak uang untuk berbelanja properti. Pada 2015, dia membeli rumah di lingkungan paling mahal di Hong Kong dengan harga $191 juta atau Rp2,6 triliun.

Pembelian tersebut memecahkan rekor rumah termahal di Asia. Dia juga mengeuarkan US$23 juta Rp320,5 miliar untuk sebuah properti di Adirondacks, New York. Setahun kemudian, dia membeli kebun anggur seluas 210 hektar di selatan Prancis dan ditambah lagi, dia masih memiliki apartemen di Lakeside Gardens tempat dia memulai Alibaba 20 tahun lalu.

Ma juga memiliki sebuah jet pribadi Gulfstream 550 yang dibeli oleh Alibaba seharga US$49,7 juta atau Rp6,9 triliun. Alibaba juga membayar tagihan untuk pertunjukan bakat legendaris di mana Ma selalu berada di depan dan di tengah.

Pertunjukan pertunjukan bakat Ma telah menjadi bagian dari legenda, dari pertunjukan tarian Michael Jackson hingga bernyanyi bersama "Lion King". Perayaan yang paling mengesankan adalah pesta pensiun Ma pada September 2019. Alibaba menyewa sebuah stadion berukuran olimpiade untuk perayaan besar-besaran bersama 60.000 karyawan.

Namun dengan semua pesta dan hartanya, Ma mengatakan dia sebenarnya lebih bahagia ketika dia menjadi guru bahasa Inggris. Dia mencatat bahwa kekayaannya datang dengan tanggung jawab untuk dibelanjakan atas nama masyarakat. Mungkin itu sebabnya dia beralih ke pekerjaan filantropis yang ditujukan untuk perawatan kesehatan, lingkungan, dan pendidikan.

Di bawah kepemimpinan Ma, Alibaba menyumbang 0,3% pendapatan untuk masalah lingkungan. Ma duduk di dewan Konservasi Alam China dan telah menyumbangkan jutaan untuk upaya bantuan bencana. Yayasan Jack Ma, yang dibentuk pada tahun 2014, telah menjanjikan $ 44 juta-plus baik untuk Rumah Sakit Universitas Zhejiang dan untuk para guru pedesaan Cina. Dengan pensiunnya yang baru ditemukan dan investasi yang melonjak, tidak ada yang tahu ke mana Jack Ma akan membawa miliaran dolar berikutnya. Tapi itu mungkin termasuk pakaian pembunuh.

Kini, Ma telah menghilang seperti ditelan bumi.  Dia terakhir terlihat saat mengkritik kebijakan pemerintah China secara terbuka dalam sebuah pidato. Spekulasi mengenai hilangnya pria 56 tahun sejak Oktober 2020 pun masih terus bergulir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper