Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kadin: Ini 2 Sektor Usaha yang Wajib Didorong untuk Pemulihan Ekonomi 2021

Menurut Kadin, pemulihan ekonomi harus difokuskan pada penguatan usaha kecil menengah (UKM) dan korporasi pada 2021.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 22 Desember 2020  |  13:23 WIB
(kiri-kanan) Pengacara Hotman Paris Hutapea bersama Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani mengadakan diskusi publik soal Omnibus Law Cipta Kerja di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu 14 Maret 2020. -  Tempo / EKO WAHYUDI.
(kiri-kanan) Pengacara Hotman Paris Hutapea bersama Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani mengadakan diskusi publik soal Omnibus Law Cipta Kerja di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu 14 Maret 2020. - Tempo / EKO WAHYUDI.

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani menyampaikan kebijakan terkait dengan pemulihan ekonomi harus difokuskan pada penguatan usaha kecil menengah (UKM) dan korporasi pada 2021.

Rosan mengatakan kedua sektor tersebut memiliki peran yang signifikan dalam penyerapan tenaga kerja, produk domestik bruto (PDB), hingga penerimaan perpajakan negara.

"UKM kita tahu penyerapan tenaga kerjanya lebih dari 66 persen, kontribusinya ke PDB 60 persen, kontribusi ke perpajakan 85 persen dari sektor korporasi, jadi dua bidang ini harus didorong," katanya, Selasa (22/12/2020).

Rosan mengatakan dunia usaha pada 2021 akan mengalami tranformasi yang besar, khusunya di bidang teknologi, sejalan dengan ekonomi digital yang terakselerasi selama pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, digitalisasi UMKM menjadi sangat penting kedepannya, serta modernisasi sektor riil juga diyakini akan semakin terakselerasi.

"Tentunya kebijakan pemerintah akan sangat menentukan sekali transformasi dari ekonomi lama ke ekonomi baru dan harapannya ini akan sangat membantu kita ke depan," katanya.

Rosan optimistis, momentum pemulihan ekonomi pada tahun depan akan semakin baik, tercermin dari beberapa indikator ekonomi yang sudah mulai menunjukkan pemulihan, misalnya PMI manufaktur telah kembali ke level ekspansif dan indeks keyakinan konsumen yang mulai mengalami peningkatan.

Dia menambahkan, program vaksinasi yang akan dilakukan pemerintah dalam waktu dekat diyakini akan sangat mempengaruhi pemulihan ekonomi, diharapkan bisa meningkatkan kembali kepercayaan, rasa aman, dan mobilitas masyarakat.

Di samping itu, dia juga optimistis UU Cipta Kerja akan berperan signifikan yang akan mendukung momentum pebaikan ekonomi ke depannya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm korporasi kadin
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top