Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Investasi Properti di China 2020 Meningkat 6,8 Persen

Data resmi Pemerintah China menyebutkan bahwa sepanjang 11 bulan pertama tahun ini realisasi investasi properti di negara tersebut meningkat 6,8 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 17 Desember 2020  |  09:33 WIB
Residensial di Tianjin, China. - Bloomberg
Residensial di Tianjin, China. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Investasi China dalam pengembangan properti naik 6,8 persen yoy sepanjang 11 bulan pertama 2020, naik dari kenaikan 6,3 persen dalam 10 bulan pertama, demikian pernyataan resmi Biro Statistik Nasional (NBS).

Penjualan rumah komersial dalam hal luas lantai mencapai 1,51 miliar m2 dalam 11 bulan pertama, naik 1,3 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Dalam hal nilai, penjualan rumah komersial melonjak 7,2 persen yoy menjadi 14,9 triliun yuan (US$2,28 triliun) dalam 11 bulan pertama, melebar dari kenaikan 5,8 persen dalam 10 bulan pertama.

Data NBS pada awal pekan ini menunjukkan bahwa pasar perumahan China tetap stabil pada November, dengan pertumbuhan harga rumah mtm yang lebih lambat di kota-kota besar.

Harga rumah baru di empat kota tingkat pertama yakni Beijing, Shanghai, Guangzhou dan Shenzhen, naik 0,2 persen mtm pada November, 0,1 poin persentase lebih lambat dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Pada basis mtm, harga rumah baru di 31 kota lapis kedua dan 35 kota lapis ketiga masing-masing vnaik tipis 0,1 persen bulan lalu, menurut data dari NBS.

China mengulangi prinsip bahwa "rumah adalah tempat tinggal, bukan spekulasi." Sambil menahan spekulasi harga rumah, negara juga akan menerapkan kebijakan khusus kota di sektor tersebut, menurut laporan kerja pemerintah tahun ini.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china bisnis properti

Sumber : China.org.cn/Xinhua

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top