Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Biden Pertimbangkan Roger Ferguson dan Brian Deese sebagai Penasihat Ekonomi

Jika terpilih, Roger Ferguson yang kini menjabat CEO Teachers Insurance and Annuity Association of America (TIAA), akan menjadi orang Afrika-Amerika pertama di posisi puncak Dewan Ekonomi Nasional yang bertugas mengarahkan kebijakan ekonomi presiden.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 26 November 2020  |  10:21 WIB
Presiden terpilih AS Joe Biden manyapa pendukungnya di Wilmington, Delaware, AS, Sabtu (7 /11/2020). Bloomberg - Sarah Silbiger\r\n
Presiden terpilih AS Joe Biden manyapa pendukungnya di Wilmington, Delaware, AS, Sabtu (7 /11/2020). Bloomberg - Sarah Silbiger\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden terpilih Joe Biden sedang mempertimbangkan mantan Wakil Gubernur Federal Reserve Roger Ferguson dan seorang eksekutif di BlackRock Inc. Brian Deese, untuk menjadi penasihat ekonomi di Gedung Putih utamanya.

Dilansir Bloomberg, Kamis (26/11/2020), jika terpilih, Ferguson yang kini menjabat CEO Teachers Insurance and Annuity Association of America (TIAA), akan menjadi orang Afrika-Amerika pertama di posisi puncak Dewan Ekonomi Nasional yang bertugas mengarahkan kebijakan ekonomi presiden.

Deese, yang dipekerjakan oleh BlackRock pada 2017 untuk mengawasi strategi investasi berkelanjutan, adalah penasihat senior Presiden Barack Obama untuk iklim, konservasi, dan energi.

Tim transisi Biden menolak berkomentar. Kelompok progresif mungkin mengkritik pemilihan Deese karena kurangnya keragaman ras di tim ekonomi Biden dan hubungannya dengan Wall Street. Baik Deese dan Janet Yellen, pilihannya untuk Menteri Keuangan, berkulit putih. Namun para pendukungnya menunjukkan bahwa dia memperjuangkan keberlanjutan di sektor swasta.

Ferguson adalah wakil ketua Dewan Gubernur Fed dari 1999 hingga 2006, orang kulit hitam pertama yang memegang jabatan itu. Setelah serangan teroris 11 September, Ketua Fed saat itu Alan Greenspan berada di luar negeri dan menugaskan Ferguson untuk melaksanakan rencana perang bank sentral untuk krisis pasar.

Dia telah menghabiskan sekitar 12 tahun sebagai kepala eksekutif TIAA, di mana dia pertama kali memimpin layanan keuangan.

Organisasi tersebut mengelola dana US$1,2 triliun per 30 September 2020, termasuk tabungan pensiun banyak orang AS. Jumlah itu naik dari sekitar US$435 miliar ketika Ferguson dipilih pada 2008. TIAA mengumumkan minggu lalu bahwa Ferguson akan pensiun pada akhir Maret.

Ferguson yang merupakan penduduk asli District of Columbia, adalah putra seorang guru sekolah umum dan pembuat peta Angkatan Darat AS.

Dia mengatakan bahwa Andrew Brimmer, Gubernur Fed pertama berkulit hitam, menginspirasi kariernya. Brimmer dinominasikan oleh Presiden Lyndon B. Johnson pada 1966, ketika Ferguson masih remaja.

Sementara itu, Deese menggawangi kampanye Obama pada 2008 dan bergabung dengan pemerintahannya pada 2009.Dia adalah bagian dari satuan tugas yang merestrukturisasi industri mobil dan kemudian menjadi wakil direktur Kantor Manajemen dan Anggaran.

Biden sedang menyusun kabinetnya bahkan ketika Presiden Donald Trump menolak untuk mengakui hasil pemilihan 3 November lalu.

Pada Selasa kemarin, presiden terpilih mengumumkan calon untuk beberapa pos keamanan nasional termasuk menteri luar negeri. Minggu depan, dia berencana untuk memperkenalkan anggota tim ekonominya, kemungkinan termasuk Yellen, mantan ketua Fed, sebagai calon menteri Keuangan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi as Joe Biden

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top