Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Diluncurkan, APRIL2030 Cakup Empat Komitmen Inti

Asia Pacific Resources International Limited (APRIL) meluncurkan Komitmen 2030, yang terdiri dari serangkaian target spesifik berbasis sain dan teknologi yang dikelompokkan menjadi empat komitmen inti.
Andi M. Arief
Andi M. Arief - Bisnis.com 17 November 2020  |  15:32 WIB
Asia Pacific Resources International Holdings Limited, atau APRIL, adalah pengembang perkebunan serat dan pemilik salah satu pabrik pulp dan kertas terbesar di dunia yang beroperasi terutama di Indonesia dan China. APRIL
Asia Pacific Resources International Holdings Limited, atau APRIL, adalah pengembang perkebunan serat dan pemilik salah satu pabrik pulp dan kertas terbesar di dunia yang beroperasi terutama di Indonesia dan China. APRIL

Bisnis.com, JAKARTA - Asia Pacific Resources International Limited (APRIL) meluncurkan Komitmen 2030, yang terdiri dari serangkaian target spesifik berbasis sain dan teknologi yang dikelompokkan menjadi empat komitmen inti.

Anderson Tanoto, Direktur Royal Golden Eagle (RGE)--induk perusahaan APRIL, mengatakan bahwa APRIL2030 adalah komitmen keberlanjutan transformatif yang berisi serangkaian aksi nyata yang akan berkontribusi positif terhadap iklim, alam, dan pengembangan masyarakat dalam 10 tahun ke depan.

“Situasi yang kita hadapi di masa pandemi Covid-19 saat ini memang berat dan penuh tantangan, akan tetapi masih ada peluang untuk bertransformasi dan mengambil peran leadership demi mewujudkan masa depan yang lebih baik,” katanya dalam keterangan pers APRIL2030, Selasa (17/11/2020).

Dia menyatakan APRIL berkomitmen menjalankan aksi nyata dan bertransformasi lebih lanjut dalam satu dekade mendatang, sebagaimana menjalankan peran mendukung tercapainya ekonomi rendah karbon dan berkontribusi positif untuk iklim, alam dan masyarakat.

Adapun empat komitmen inti dari APRIL2030 mencakup :

Pertama, iklim positif. Ini mencakup aksi-aksi yang menekankan penerapan solusi berbasis saing terbaik untuk mengurangi emisi karbon secara drastis, termasuk mencapai nol emisi karbon bersih dari penggunaan lahan dan mengurangi karbon emisi produk hingga 25 persen.

Kedua, lanskap yang berkembang. Ini mencakup sejumlah target untuk memajukan konservasi dan keanekan ragaman hayati dengan mengedepankan pendekatan proteksi-proteksi Grup APRIL, salah satunya memastikan tidak adanya net zero loss di kawasan yang dilindungi.

Ketiga, kemajuan inkulusif. Ini mencakup langkah-langkah kongkret untuk memberdayakan masyarakat melalui serangkaian inisiatif transformasi khususnya pada aspek pelayanan kesehatan, edukasi, dan kesetaraan gender. Salah satu targetnya ialah memerangi kemiskinan ekstrem dalam radius 50 km dari kegiatan operasional di Pangkalan Kerinci, Riau.

Keempat, pertumbuhan berkelanjutan. Ini bertujuan mengembangkan bisnis APRIL secara berkelanjutan melalui diversifikasi, sirkularitas, dan produksi yang bertanggung jawab.

Sihol Aritonang, Direktur Utama Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP)--unit usaha APRIL, mengatakan bahwa APRIL2030 adalah bentuk nyata komitmen perusahaan dalam mendukung pemerintah Indonesia mencapai target iklim dan pembangunan nasional, bermitra dengan masyarakat.

"Pada 2030, kami menargetkan untuk menghapus kemiskinan ekstren di sekitar wilayah operasional kami di Pangkalan Kerinci Riau, memperbaiki layanan kesehatan, kualitas pendidikan, sekaligus mentransformasikan bisnis kami dengan pertumbuhan berkelanjutan," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asian agri emisi karbon
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top