Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Indonesia Dorong APEC Beri Akses Pasar Global bagi UMKM

Dengan visi yang kuat, APEC bisa mencapai pertumbuhan ekonomi yang kuat, seimbang, aman, berkelanjutan, dan inklusif.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 17 November 2020  |  09:48 WIB
Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi saat menyampaikan keterangan pers terkait hasil pertemuan KTT Ke/37 Asean di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Sabtu 14 November 2020 / Youtube Sekretariat Presiden
Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi saat menyampaikan keterangan pers terkait hasil pertemuan KTT Ke/37 Asean di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Sabtu 14 November 2020 / Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia mendorong forum Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) untuk memberi akses pasar global bagi usaha mikro kecil dan menengah melalui integrasi ke ekonomi digital.

Dorongan itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI dan Menteri Perdagangan RI saat mengikuti Pertemuan Tingkat Menteri forum APEC, Senin (16/11/2020).

Dilansir Antara, Selasa (17/11/2020), Retno menyampaikan bahwa perbedaan pendapat yang terjadi antara beberapa ekonomi telah mengganggu upaya APEC dalam dua tahun terakhir sehingga ini saatnya bagi APEC untuk mengesampingkan perbedaan dan mengembalikan kepercayaan dunia.

Dengan visi yang kuat APEC bisa mencapai pertumbuhan ekonomi yang kuat, seimbang, aman, berkelanjutan, dan inklusif. Untuk mencapai tujuan itu, Menlu RI menekankan dua hal.

Pertama, Retno mengatakan kolaborasi APEC harus menguntungkan semua anggota APEC. Hal itu bisa dicapai dengan meningkatkan konektivitas.

Menurutnya, APEC harus melanjutkan dan menyinergikan berbagai inisiatif konektivitas kawasan, mengesampingkan persaingan dan fokus pada kerja sama yang menguntungkan.

Kedua, kolaborasi APEC harus dapat dirasakan semua penduduk negara APEC. Dia menekankan UMKM merepresentasikan 97 persen dari seluruh bisnis dan lebih dari 50 persen lapangan kerja sehingga kolaborasi APEC harus fokus kepada upaya menyediakan akses ke global value chain untuk UMKM dan mendorong partisipasi UMKM dalam ekonomi digital.

"Oleh karenanya APEC Internet and Digital Economy Roadmap harus dapat mendukung integrasi UMKM ke ekonomi digital," ujar Retno.

Visi APEC Pasca-2020 menargetkan untuk mencapai komunitas Asia Pasifik yang terbuka, dinamis, berketahanan, dan damai pada 2040.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apec umkm
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top