Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Size Masih Kecil, Fintech Diharapkan Akselerasi Kontribusi Keuangan ke PDB

Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan BKF Kemenkeu Adi Budiarso mengatakan sektor keuangan memiliki kontribusi yang cukup besar bagi perekonomian.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 12 November 2020  |  00:05 WIB
Ilustrasi solusi teknologi finansial - flickr
Ilustrasi solusi teknologi finansial - flickr

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Keuangan mendorong keberadaan sektor financial technology atau fintech sebagai akselerator pertumbuhan ekonomi terutama sektor finansial.

Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan BKF Kemenkeu Adi Budiarso mengatakan sektor keuangan memiliki kontribusi yang cukup besar bagi perekonomian.

Sayangnya, perkembangan sektor finansial ke stuktur produk domestik bruto (PDB) Indonesia masih tertinggal dibandingkan dengan negara tetangga. "Sektor keuangan belum cukup berkembang, size ekonominya dibandingkan dengan negara lain agak sedikit tertinggal," kata Adi, Rabu (11/11/2020).

Kendati demikian, Adi cukup optimistis kondisi itu akan mulai membaik jika melihat potensi serta perkembangan ekonomi digital dan teknologi finansial yang cukup pesat. Dengan pertumbuhan di kisaran 40%, fintech diharapkan pemerintah bisa mengakselerasi pertumbuhan dan kontribusi sektor keuangan ke PDB.

Selain itu, menurut Adi, fintech juga bisa mengambil bagian dalam proyek digitalisasi yang sedang diusung pemerintah. Program digitalisasi yang bisa dikembangkan dengan melibatkan fintech mencakup empat hal.

Pertama, penjualan surat berharga negara (SBN) secara online. Kedua, penyaluran bantuan sosial nontunai. Ketiga, penggunaan uang elektronik untuk pembayaran moda transportasi. Keempat, pembayaran pajak secara online.

Adi menambahkan bahwa pelibatan fintech dalam beberapa program tersebut akan mendorong agenda nasional terkait inklusi keuangan. "Dengan demikian [fintek] bisa berkontribusi ke pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," jelasnya

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sbn keuangan fintech
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top