Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

September 2020, BPS : Pergerakan Wisman Masih Turun

Badan Pusat Statistik menyatakan kedatangan wisman tersebut umumnya adalah perjalanan bisnis, kedinasan, maupun misi tertentu.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 02 November 2020  |  11:57 WIB
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kecuk Suhariyanto memberikan keterangan saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (1/7 - 2020).
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kecuk Suhariyanto memberikan keterangan saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (1/7 - 2020).

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara per September 2020 mencapai 153.500 orang atau anjlok 88,95 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Tak jauh berbeda, realisasi kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada September 2020 juga turun 5,94 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya.

Kepala BPS Kecuk Suhariyanto mengatakan kedatangan wisman tersebut umumnya adalah perjalanan bisnis, kedinasan, maupun misi tertentu. Hingga saat ini, belum ada kedatangan wisman dengan tujuan liburan ke Indonesia.

“Bisa dilihat kalau dibandingkan September 2019, wisman masih turun dalam meski ada pergerakan month to month, tapi kecil. Recovery pariwisata masih perlu waktu panjang,” katanya dalam keterangan pers, Senin (2/11/2020).

Sama dengan tren kunjungan yang lalu, wisman Timor Leste masih mendominasi hingga 50 persen pada September tahun ini. Setelah itu diikuti oleh Malaysia (35.31 persen), China (4,55 persen), Belanda (1,59 persen), dan Amerika Serikat (0,59 persen).

Secara kumulatif sepanjang Januari–September 2020), jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 3,56 juta kunjungan. Capaian ini turun 70,57 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 12,10 juta.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata bps wisman
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top