Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penjualan Avtur Selama Libur Panjang di Kota-Kota Ini Meningkat

Rata-rata penjualan avtur pada Oktober 2020 adalah sebesar 5.989 kiloliter (kl) per hari. Realisasi penjualan pada Rabu yakni 6.956 kl per hari, sedangkan pada Kamis sebanyak 6.314 kl per hari.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 30 Oktober 2020  |  15:01 WIB
Aktivitas pekerja di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Jumat (25/5/2018). - Bisnis/Nurul Hidayat
Aktivitas pekerja di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Jumat (25/5/2018). - Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pertamina (Persero) mencatat adanya kenaikan penjualan bahan bakar minyak jenis avtur selama periode libur panjang pada pekan ini.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Subholding Commercial, dan Trading Pertamina Putut Andriatno menjelaskan bahwa penjualan avtur pada Rabu (28/10/2020) hingga Kamis (29/10/2020) telah mengalami peningkatan. Peningkatan terjadi di bandar udara kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Putut menjelaskan bahwa rata-rata penjualan avtur pada Oktober 2020 adalah sebesar 5.989 kiloliter (kl) per hari. Realisasi penjualan pada Rabu yakni 6.956 kl per hari, sedangkan pada Kamis sebanyak 6.314 kl per hari.

"Kami melihat dari sisi realisasi avtur selama liburan, realisasinya ada peningkatan sekitar 16,4 persen dibandingkan dengan rata-rata Oktober," ujarnya kepada Bisnis, Jumat (30/10/2020).

Sebelumnya, VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan bahwa pihaknya telah mengantisipasi adanya peningkatan konsumsi BBM selama libur panjang. Untuk jenis BBM mulai dari Pertaseries, Dexseries, Premium, dan Solar, ketahanan stok secara nasional rata-rata di atas 31 hari, sedangkan untuk LPG di atas 18 hari.

Selain itu, pihaknya mempersiapkan adanya peningkatan permintaan avtur seiring dengan meningkatnya aktivitas penerbangan selama libur panjang.

"Untuk melayani masyarakat yang memanfaatkan moda transportasi udara, Pertamina menjamin stok avtur sangat aman dengan coverage day hingga 66 hari atau sekitar 386.000 kl," jelasnya.

Dia mengatakan bahwa secara nasional tren konsumsi avtur mulai meningkat walau belum secara signifikan. Per Oktober 2020, stok avtur yang ada di Pertamina masih berada di level 70 hari.

"Oktober ini masih kurang dari 10 persen peningkatannya dibanding September. Namun kalau dibanding rata-rata normal sebelum pandemi masih jauh, lebih dari 60 persen dropnya," jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina Liburan
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top