Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jelang Libur Panjang, AP I & II Tingkatkan Protokol Kesehatan

Pelayanan tatap muka customer service susah ditiadakan, diganti dengan virtual customer assistant.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 27 Oktober 2020  |  11:38 WIB
Warga berada di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten, Minggu (12/1/2020). Bisnis - Abdullah Azzam
Warga berada di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten, Minggu (12/1/2020). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — PT Angkasa Pura II mengeklaim telah meningkatkan kewaspadaan menjelang libur panjang 28 Oktober–1 November 2020 agar protokol kesehatan secara konsisten dijalankan bagi personel bandara dan wisatawan.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan  bahwa perseroan telah memiliki program salah satunya adalah workforce protection yang telah dijalani sejak Maret 2020 guna melindungi karyawan termasuk personel operasional dan pelayanan di bandara. Workforce protection merupakan regulasi internal guna melindungi karyawan di tengah pandemi ini.

Workforce protection melihat dari berbagai sisi. Misalnya, dengan penyesuaian pola operasional atau pengurangan jam operasional, personel bandara memiliki waktu lebih untuk berada di rumah, tetapi operasional bandara tetap bisa berjalan lancar. Personel juga dilengkapi dengan APD [alat pelindung diri] mulai dari level 1 hingga level 3 yang disesuaikan dengan situasi dan fungsi personel,” jelasnya, Selasa (27/10/2020).

Kewajiban penggunaan APD yang dikategorikan APD Level 1, APD Level 2, hingga APD Level 3 menggunakan hazmat lengkap. Kemudian tracing, tracking, dan testing melalui aplikasi internal iPerform guna melakukan tracing dan tracking management terhadap seluruh karyawan.

Awal juga menyampaikan bahwa karyawan khususnya personel operasional dan layanan bandara juga melakukan rapid test secara berkala.

Pelayanan tatap muka customer service susah ditiadakan, diganti dengan virtual customer assistant. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan suhu tubuh sebelum personel bertugas.

Sementara itu, VP Corporate Secretary AP I Yado Yarismano mengatakan bahwa dalam menjalankan tugas, perseroan selalu mewajibkan penggunaan APD seperti kacamata pelindung, pelindung wajah, masker, sarung tangan kepada seluruh petugas operasional di 15 bandara yang kami kelola.

Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kesehatan seluruh petugas kami yang berada garda depan dalam pelayanan kepada pengguna jasa pesawat udara.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara angkasa pura
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top