Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

INKA dan Perusda Bali Kerja Sama Bangun Sarana Trem dan Bus Listrik

PT INKA (Persero) dan Perusda Bali akan melakukan pengembangan sistem looping transportasi berbasis kendaraan listrik.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 25 Oktober 2020  |  12:22 WIB
Ilustrasi-Trem di Milan Italia - wikimedia.org
Ilustrasi-Trem di Milan Italia - wikimedia.org

Bisnis.com, JAKARTA - PT Industri Kereta Api persero telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan Perusda Bali untuk pembangunan dan penyelenggaraan sarana transportasi perkotaan.

Proyek pembangunan kerjasama INKA dan BUMD Provinsi Bali tersebut akan memperoleh dukungan pendanaan dari Islamic Development Bank.

PT INKA (Persero) dan Perusda Bali akan melakukan pengembangan sistem looping transportasi berbasis kendaraan listrik. Demikian dijelaskan Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro.

Dia menjelaskan wilayah pengembangannya meliputi kawasan Kuta, Sanur, Ubud dan Kawasan Pusat Kebudayaan Bali Gunaksa.

Selain itu, ke depannya kedua perusahaan tersebut akan melakukan pengembangan kapasitas pemeliharaan dan perawatan (maintenance and service) sarana dan prasarana kereta api dan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

“PT INKA (Persero) dan Perusda Bali nanti akan mengembangkan sistem transportasi perkotaan berbasis listrik tenaga baterai seperti trem listrik dan bus listrik," jelasnya Minggu (25/10/2020)

Guna merealisasikan rencana tersebut, Inka dan Perusda Bali akan mendirikan perusahaan patungan/ joint venture untuk pengembangan dan pengoperasian sistem tranportasi. Termasuk di dalamnya studi kelayakan (feasibility studies) dan kajian lain yang diperlukan.

Budi menambahkan PT INKA (Persero) didukung oleh Islamic Development Bank yang berpusat di Jeddah, Arab Saudi. Dukungan ini berupa pembiayaan untuk keperluan pengembangan tersebut.

"Alhamdulillah meskipun masih calon proyek," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali trem Bus Listrik
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top