Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tiga Upaya Kementerian PUPR Bantu Penanganan Covid-19

Kementerian PUPR melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi Rumah Sakit Wisma Atlet yang dijadikan RS rujukan nasional dalam penanganan pasien Covid-19, sampai bulan lalu masih ada 2 tower lagi yang bisa digunakan pada saat puncak atau peningkatan jumlah kasus positif.
Suasana Wisma Atlet Kemayoran dilihat dari Danau Sunter, Jakarta, Selasa (25/8/2020)./Bisnis-Himawan L. Nugraha
Suasana Wisma Atlet Kemayoran dilihat dari Danau Sunter, Jakarta, Selasa (25/8/2020)./Bisnis-Himawan L. Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA-- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah melaksanakan tiga upaya penanganan pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia sejak Maret 2020.

Staf Ahli Menteri PUPR Mohammad Zainal Fatah menjelaskan upaya ini dilakukan sebagai bentuk dukungan kementerian guna memitigasi dampak pandemi serta membantu pemulihan ekonomi nasional.

"Seperti yang sudah banyak diketahui yaitu pertama Kementerian PUPR melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi Rumah Sakit Wisma Atlet yang dijadikan RS rujukan nasional dalam penanganan pasien Covid-19, sampai bulan lalu masih ada 2 tower lagi yang bisa digunakan pada saat puncak atau peningkatan jumlah kasus positif," ujarnya dalam Capital Market Summit and Expo (CMSE) yang berlangsung secara virtual, Selasa (20/10/2020).

Kemudian yang kedua, membangun rumah sakit rujukan Covid-19 lainnya yakni di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. Rumah sakit ini ditujukan sebagai layanan isolasi pasien yang positif Covid-19.

Bangunan rumah sakit ini disebut sederhana, tetapi memiliki fasilitas lengkap dan memenuhi standar pelayanan kesehatan bagi pasien.

Ketiga, Kementerian PUPR juga telah melanjutkan pembangunan RS Akademik UGM yang sebelumnya sempat terhenti, dan kemudian ditetapkan sebagai rujukan pasien Covid-19 wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

"Sekarang yang masih berjalan adalah pembangunan rumah sakit Lamongan Jawa Timur dan beberapa RSUD lainnya," ujarnya.

Zainal menambahkan Kementerian PUPR berupaya membangun fisik rumah sakit agar sesuai dengan standar pelayanan kesehatan.

Untuk kelengkapan fasilitas pendukung, dibantu oleh Kementerian BUMN dan perusahaan negara terkait.

Seperti diketahui, terkait pencegahan penyebaran virus Corona penyebab Covid-19 masyarakat diimbau menjalankan praktik 3 M yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker.

Sementara pemerintah menjalankan 3T yaitu tracing (penelusuran pasien terkait Covid-19), testing (pemeriksaan), dan treatment (perawatan).

Dukungan Kementerian PUPR di antaranya dalam rehabilitasi dan rekonstruksi rumah sakit untuk menangani pasien yang positif terkonfirmasi Covid-19.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper