Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Tiga Upaya Kementerian PUPR Bantu Penanganan Covid-19

Kementerian PUPR melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi Rumah Sakit Wisma Atlet yang dijadikan RS rujukan nasional dalam penanganan pasien Covid-19, sampai bulan lalu masih ada 2 tower lagi yang bisa digunakan pada saat puncak atau peningkatan jumlah kasus positif.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 20 Oktober 2020  |  15:29 WIB
Suasana Wisma Atlet Kemayoran dilihat dari Danau Sunter, Jakarta, Selasa (25/8/2020). - Bisnis/Himawan L. Nugraha
Suasana Wisma Atlet Kemayoran dilihat dari Danau Sunter, Jakarta, Selasa (25/8/2020). - Bisnis/Himawan L. Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA-- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah melaksanakan tiga upaya penanganan pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia sejak Maret 2020.

Staf Ahli Menteri PUPR Mohammad Zainal Fatah menjelaskan upaya ini dilakukan sebagai bentuk dukungan kementerian guna memitigasi dampak pandemi serta membantu pemulihan ekonomi nasional.

"Seperti yang sudah banyak diketahui yaitu pertama Kementerian PUPR melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi Rumah Sakit Wisma Atlet yang dijadikan RS rujukan nasional dalam penanganan pasien Covid-19, sampai bulan lalu masih ada 2 tower lagi yang bisa digunakan pada saat puncak atau peningkatan jumlah kasus positif," ujarnya dalam Capital Market Summit and Expo (CMSE) yang berlangsung secara virtual, Selasa (20/10/2020).

Kemudian yang kedua, membangun rumah sakit rujukan Covid-19 lainnya yakni di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. Rumah sakit ini ditujukan sebagai layanan isolasi pasien yang positif Covid-19.

Bangunan rumah sakit ini disebut sederhana, tetapi memiliki fasilitas lengkap dan memenuhi standar pelayanan kesehatan bagi pasien.

Ketiga, Kementerian PUPR juga telah melanjutkan pembangunan RS Akademik UGM yang sebelumnya sempat terhenti, dan kemudian ditetapkan sebagai rujukan pasien Covid-19 wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

"Sekarang yang masih berjalan adalah pembangunan rumah sakit Lamongan Jawa Timur dan beberapa RSUD lainnya," ujarnya.

Zainal menambahkan Kementerian PUPR berupaya membangun fisik rumah sakit agar sesuai dengan standar pelayanan kesehatan.

Untuk kelengkapan fasilitas pendukung, dibantu oleh Kementerian BUMN dan perusahaan negara terkait.

Seperti diketahui, terkait pencegahan penyebaran virus Corona penyebab Covid-19 masyarakat diimbau menjalankan praktik 3 M yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker.

Sementara pemerintah menjalankan 3T yaitu tracing (penelusuran pasien terkait Covid-19), testing (pemeriksaan), dan treatment (perawatan).

Dukungan Kementerian PUPR di antaranya dalam rehabilitasi dan rekonstruksi rumah sakit untuk menangani pasien yang positif terkonfirmasi Covid-19.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rumah sakit Kementerian PUPR Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top