Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemenhub: Dermaga IV Pelabuhan Merak-Bakauheni Kembali Beroperasi

Kemenhub meresmikan Dermaga IV Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni untuk melayani kapal - kapal penyeberangan dengan kapasitas 6.000 – 10.000 GRT.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 12 Oktober 2020  |  19:35 WIB
Anteran kendaraan di Pelabuhan Bakauheni yang akan menyeberang ke Pelabuhan Merak, Sabtu (8/6/2019). ASDP menyebut pemudik masih belum banyak yang kembali ke Pulau Jawa pada H2 Lebaran ini. - Bisnis/Istimewa
Anteran kendaraan di Pelabuhan Bakauheni yang akan menyeberang ke Pelabuhan Merak, Sabtu (8/6/2019). ASDP menyebut pemudik masih belum banyak yang kembali ke Pulau Jawa pada H2 Lebaran ini. - Bisnis/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meresmikan Dermaga IV Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni yang diharapkan mendukung layanan operasional angkutan Natal dan Tahun Baru.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengungkapkan pembangunan Dermaga IV Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni merupakan peningkatan dari dermaga yang sudah ada sebelumnya. Kini, Dermaga IV dapat melayani kapal - kapal penyeberangan dengan kapasitas 6.000 – 10.000 GRT.

"Kesiapan dermaga IV untuk beroperasi merupakan solusi agar kegiatan mobilisasi barang maupun manusia antara Pulau Jawa dan Sumatra berjalan lancar," ujarnya, Senin (12/10/2020).

Dia menyoroti bahwa pelabuhan memiliki peran vital dalam perekonomian nasional dan daerah yakni untuk menjamin kelancaran, keamanan, ketertiban dan keselamatan berlayar, maka pemeliharaan fasilitas pelabuhan mutlak dilaksanakan.

Menurutnya, hal ini juga harus menjadi perhatian PT ASDP Indonesia Ferry selaku operator pelabuhan bahwa pemeriksaan fasilitas pelabuhan secara rutin merupakan alat untuk dapat melaksanakan langkah tindak lanjut dalam melaksanakan pemeliharaan berkala.

Pihaknya berharap tidak akan terjadi kerusakan yang bersifat mayor dan gagal fungsi pada fasilitas pelabuhan. Selain terjaminnya keselamatan pelayaran, tantangan bersama adalah peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa terkait dengan kepastian waktu dan pemenuhan standar pelayanan minimal.

Dia menuturkan dengan bertambahnya dermaga akan bertambah pula frekuensi keberangkatan maupun kedatangan kapal setiap harinya. Saat ini, terdapat keterbatasan alur keluar/masuk khususnya di Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Kondisi ini terangnya, harus diantisipasi dengan pola operasi dan pengaturan jadwal yang optimal serta peningkatan kinerja angkutan penyeberangan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan Kemenhub
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top