Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Awas! Modus Penipuan Kartu Prakerja. Ini Link Resmi Pemerintah

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada terhadap segala bentuk penipuan dan selalu mengacu pada domain situs resmi Kartu Prakerja yang berakhiran go.id.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 12 Oktober 2020  |  11:03 WIB
Kolom pendaftaran pada laman prakerja.go.id, Sabtu (8/8/2020). Pemerintah kembali membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 4 untuk menekan angka pengangguran dengan kuota untuk 800 ribu orang.  - ANTARA
Kolom pendaftaran pada laman prakerja.go.id, Sabtu (8/8/2020). Pemerintah kembali membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 4 untuk menekan angka pengangguran dengan kuota untuk 800 ribu orang. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Beredar kabar atau pesan singkat melalui media sosial Whatsapp bahwa pendaftaran Program Kartu Prakerja dapat dilakukan melalui situs https://prakerja.vip.

Pesan singkat yang dikirimkan secara berantai tersebut berbunyi sebagai berikut.

"Daftar Prakerja Sekarang, dapatkan bantuan sebesar 600.000 dari pemerintah lewat program prakerja. Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi".

Dalam pesan singkat ini juga disertakan panduan cara pendaftaran melalui situs https://prakerja.vip. Sebegai berikut:

Bantuan akan dikirim setiap bulan selama program ini berjalan. Langkah untuk mendaftar Prakerja

- Kunjungi situs https://prakerja.vip

- Isi formulir data diri

- Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui e-mail/nomor hp

- Bantuan akan dikirim melalui rekening bank

"Harap bagikan pesan ini kepada kerabat yang membutuhkan," tulis pesan singkat tersebut

Setelah ditelusuri, ternyata situs tersebut bukanlah situs resmi dari prgram Kartu Prakerja. Perlu ditegaskan, alamat situs Kartu Prakerja yang resmi adalah www.prakerja.go.id.

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada terhadap segala bentuk penipuan dan selalu mengacu pada domain situs resmi Kartu Prakerja yang berakhiran go.id.

"Kami menghimbau masyarakat untuk selalu mengacu pada situs resmi Prakerja yang berakhiran go.id," kata Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja kepada Bisnis saat dikonfirmasi, Senin (12/10/2020).

Lousa pun menyatakan manajemen pelaksana Kartu Prakerja tidak akan segan menindak tegas penipuan yang merugikan masyarakat.

"Kami menganggap serius usaha-usaha penipuan ini dan akan mengambil tindakan hukum untuk melindungi masyarakat," katanya.

Melalui akun resmi Instagram @prakerja.go.id, masyarakat diingatkan untuk tidak memberikan data pribadi, seperti NIK, nomor KK, nomor HP, alamat e-mail, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, masyarakat disarankan untuk tidak percaya bila menerima e-mail yang tidak menggunakan domain e-mail resmi Kartu Prakerja. Domain e-mail resmi Kartu Prakerja hanya prakerja.go.id.

jika menemukan informasi mencurigakan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja, masyarakat diminta untuk melaporkannya ke nomor layanan masyarakat Kartu Prakerja melalui 08001503001 (bebas pulsa).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penipuan kartu prakerja
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top