Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Perum Perindo Lepas Ekspor Perdana ke Jepang via Manado

Ekspor ini merupakan ekspor pertama langsung dari Indonesia Timur tanpa harus melalui Jakarta. Ekspor hasil perikanan ini diinisiasi oleh Perum Perindo Unit Tahuna di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 09 Oktober 2020  |  14:55 WIB
Tumpukan produk ikan yang akan diekspor ke Jepang. - Perum Perindo
Tumpukan produk ikan yang akan diekspor ke Jepang. - Perum Perindo

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) melepas ekspor ikan perdana ke Jepang via Manado, Sulawesi Utara.

Ekspor ini merupakan ekspor pertama langsung dari Indonesia Timur tanpa harus melalui Jakarta. Ekspor hasil perikanan ini diinisiasi oleh Perum Perindo Unit Tahuna di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

Direktur Utama Perum Perindo Fatah Setiawan Topobroto mengatakan perikanan Indonesia menorehkan kabar baik di tengah pandemi Covid-19 yaitu melakukan ekspor ikan ke Negeri Sakura.

Ekspor perdana dilakukan pada 7 Oktober 2020. Adapun komoditas yang diekspor ke Jepang yakni ikan tuna utuh sayap kuning (whole yellow fin tuna) sebanyak 267 kg dan ikan layang beku sebanyak 50 kg.

Ikan tersebut akan langsung dikirim ke Jepang dengan tujuan akhir Pasar Ikan Tsukiji baru / Pasar Ikan Toyosu untuk diikutsertakan di lelang ikan. Pengiriman ke Jepang menggunakan moda transprtasi udara yang bekerjasama dengan Garuda Indonesia.

Perum Perindo juga bekerjasama dengan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Kemanan Hasil Perikanan (BKIPM) serta Bea Cukai Sulawesi Utara.

“Minggu depan [Selasa], kami akan ekspor lagi ke Jepang berupa ikan tuna dan ikan-ikan demersal. Ekspor [ke Jepang] ini akan digelar rutin setiap minggunya,” katanya melalui keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (8/10/2020).

Fatah menuturkan Jepang berminat terhadap ikan-ikan di Indonesia, khususnya jenis ikan demersal. Selain itu, permintaan Jepang juga berupa ikan berbentuk fillet dan skinless.

Perum Perindo, lanjut dia, terus berupaya memenuhi permintaan tersebut. Pasalnya, produk perikanan Indonesia merupakan komoditas pangan yang masih diburu oleh pasar internasional.

Selain Jepang, Korea Selatan juga menyatakan minatnya untuk mendatangkan ikan dari Indonesia.

Sementara itu, Direktur Operasional Raenhat Tiranto Hutabarat menambahkan ekspor perdana yang langsung diberangkatkan dari Manado ke Jepang ini tentu akan menghemat ongkos pengiriman karena tidak perlu transit di Jakarta.

Dengan begitu, dia berharap ekspor ikan dari Indonesia Timur akan semakin masif.

“Dengan lebih cepat pengiriman akan menjaga kondisi ikan tetap segar sampai ke negara tujuan” terangnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor ikan perum perindo
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top