Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pengguna Tol Gilimanuk-Mengwi Diprediksi Capai 50.000 Kendaraan/Hari

Perkiraan mobil yang melintas di tol Gilimanuk—Mengwi mencapai 21.120 unit, sedangkan sepeda motor 28.815 unit.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 01 Oktober 2020  |  17:32 WIB
Petugas keamanan adat Bali atau Pecalang berpatroli di jalan tol Bali Mandara saat Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1939 di Desa Adat Tuban, Badung, Bali, Selasa (28/3). - Antara/Panji Anggoro
Petugas keamanan adat Bali atau Pecalang berpatroli di jalan tol Bali Mandara saat Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1939 di Desa Adat Tuban, Badung, Bali, Selasa (28/3). - Antara/Panji Anggoro

Bisnis.com, JAKARTA — Rencana proyek jalan tol kedua di Bali yaitu tol Gilimanuk—Mengwi diperkirakan bakal digunakan hampir 50.000 kendaraan setiap hari.

Dari dokumen yang diperoleh Bisnis pada kegiatan penjajakan minat pasar atau market sounding proyek kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, jumlah kendaraan itu adalah total dari pengguna mobil dan sepeda motor.

Sejak awal beroperasi pada 2022 mendatang, tol baru di Provinsi Bali ini diperkirakan dilintasi sekitar 49.935 kendaraan yang merupakan total dari mobil dan motor.

Bila diperinci, perkiraan mobil yang melintas di tol ini mencapai 21.120 unit, sedangkan sepeda motor 28.815 unit.

Jalan tol Gilimanuk—Mengwi rencananya mulai konstruksi pada 2021 khususnya untuk seksi 2 dan seksi 3, serta mulai beroperasi pada 2022.

Sementara itu, untuk seksi 1 akan mulai dibangun pada 2022 dan ditargetkan rampung dikerjakan pada 2024.

Lajur sepeda motor hanya akan ada di seksi 2 dan seksi 3 tol Gilimanuk—Mengwi, sedangkan seksi 1 diperuntukkan khusus untuk mobil saja.

Proyek jalan tol Gilimanuk—Mengwi ini menjadi tol kedua di Bali, yang juga bisa dilintasi sepeda motor seperti di jalan tol Bali Mandara.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top