Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dukung Bersepeda, Menhub Minta Pemda Siapkan Tiga Fasilitas Ini

Menhub Budi Karya meminta pemda untuk menyediakan beberapa fasilitas pendukung bagi masyarakat yang mulai aktif bersepeda.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 26 September 2020  |  10:41 WIB
Warga bersepeda di dekat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (25/8/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Warga bersepeda di dekat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (25/8/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan meminta pemerintah daerah aktif dalam mendukung kegiatan masyarakat untuk bersepeda melalui pemberian beberapa fasilitas pendukung.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dalam situasi pandemi Covid 19 saat ini, tren bersepeda di kalangan masyarakat makin meningkat. Tren ini terjadi tidak hanya di kota besar, tapi juga di berbagai wilayah lain di seluruh Indonesia.

Kemenhub telah menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 59/2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan yang dapat menjadi panduan bagi para pesepeda dan stakeholders lainnya agar tetap bersepeda dengan aman dan berkeselamatan.

"Saya mengajak pemerintah daerah untuk turut mendorong tersedianya fasilitas seperti jalur khusus sepeda, tempat parkir untuk pesepeda termasuk untuk para penyandang disabilitas," kata Budi dalam siaran pers yang dikutip, Sabtu (26/9/2020).

Dia juga berharap para pengambil kebijakan baik ditingkat pusat maupun daerah dapat menyuarakan Keselamatan Jalan kepada seluruh lapisan masyarakat di berbagai kesempatan.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menggunakan perlengkapan keselamatan saat mengendarai sepeda seperti yang telah diatur dalam Permenhub No. 59/2020. Selain itu wajib mematuhi rambu lalu lintas, protokol kesehatan, dan bersepeda dengan selamat.

Selain itu, Budi berharap masyarakat lebih memilih untuk membeli sepeda produksi dalam negeri untuk mengurangi angka impor dan bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Dia juga meminta agar dalam kegiatan-kegiatan promosi sepeda buatan dalam negeri dapat ditonjolkan, sementara produksi luar negeri tidak perlu dipromosikan karena masih mampu menjual sendiri produknya.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat hingga Juni 2020 impor sepeda mengalami lonjakan yang sangat tajam hingga 196,82 persen atau setara dengan US$10,92 juta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepeda Kemenhub
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top