Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelaku UMKM Curhat, Minta Menteri Dukung Serapan Masker

Kementerian diminta memberi fasilitas ekspor dan mempermudah pengurusan dokumen ekspor masker buatan UMKM Indonesia.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 24 September 2020  |  22:45 WIB
Ilustrasi-Alat pelindung diri (APD) penanganan Covid-19. - Dok. Istimewa
Ilustrasi-Alat pelindung diri (APD) penanganan Covid-19. - Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah curhat ke beberapa menteri dalam acara talkshow di KompasTV.

Pada acara tersebut hadir Menteri Koordinator Bidang Polhukam Mahfud Md, Menteri BUMN Erik Thohir, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Niluh Djelantik, salah seorang pengusah UMKM, mengatakan di tengah pandemi Covid-19 pihaknya berupaya membantu ekonomi Indonesia. .

Di saat banyak perusahaan berhenti beroperasi, Niluh dan kawan-kawan mencari peluang. Mereka membuat masker yang menjadi kebutuhan sekarang.

Dia optimistis Indonesia bisa menjadi pengekspor masker terbesar di dunia. Oleh karena itu, dia butuh dukungan pemerintah.

“Kementerian bisa gandeng dan bisa beri fasilitas ekspor dan mempermudah pengurusan dokumen. Perwakilan Dubes di seluruh dunia itu juga dibuat surat perintah gunakan masker buatan Indonesia,” katanya.

Permintaan itu bukan tanpa alasan. Pada Maret saat Covid-19 mulai menyebar di Indonesia, pelaku UMKM tidak bisa mengekspor karena kebijakan pemerintah.

“Kami minta tolong dimulai dari kementerian dan pemerintah daerah bisa bantu kami endorse untuk kenakan hasil karya anak bangsa,” ujarnya.

Menanggapi itu, Menkeu Sri Mulyani mengatakan bahwa pada Maret memang pemerintah mengeluarkan kebijakan tersebut untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Bahkan sampai harus ada fasilitas kemudahan impor saking kurangnya.

“Tapi Agustus dan September sekarang sudah berbalik. Impor kita hentikan. Kita dukung ekspor,” jelas Menkeu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor umkm masker
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top