Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Perluas Penyaluran KUR, Pemerintah Gandeng Gojek, Grab, hingga Shopee

Kerja sama ini merupakan bentuk implementasi kebijakan penguatan UMKM, yang diwakilkan oleh tiga bank penyalur KUR yaitu Bank BRI, Bank Mandiri, dan Bank BNI bagi UMKM mitra Gojek, Grab, Shopee dan Tokopedia.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 23 September 2020  |  15:10 WIB
Petugas bank menjelaskan mengenai kredit usaha rakyat (KUR). - Antara/R. Rekotomo
Petugas bank menjelaskan mengenai kredit usaha rakyat (KUR). - Antara/R. Rekotomo

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah memperluas penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui kerja sama platform digital yaitu Gojek, Grab Indonesia, Tokopedia, dan Shopee Indonesia.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bentuk kerja sama ini merupakan bentuk implementasi kebijakan penguatan UMKM, yang diwakilkan oleh tiga bank penyalur KUR yaitu Bank BRI, Bank Mandiri, dan Bank BNI bagi UMKM mitra keempat platform digital tersebut.

Airlangga mengatakan total KUR yang disalurkan oleh bank penyalur KUR pada Rabu (23/9/2020) mencapai Rp31,08 miliar yang diberikan kepada 294 debitur UMKM.

Dari total penyaluran KUR hari, ini terdapat pula penyaluran KUR super mikro sebesar Rp70 juta kepada 8 UMKM.

"Penyaluran KUR hari ini merupakan tahap awal yang akan ditindaklanjuti dengan penyaluran KUR kepada 12 juta UMKM mitra platform digital yang potensial menerima KUR," kata Airlangga dalam konferensi pers Penyaluran KUR bagi UMKM Mitra Platform Digital, Rabu (23/9/2020).

Selanjutnya, diharapkan penyaluran KUR kepada UMKM mitra platform digital tersebut dapat dilanjutkan dan diperluas dengan penyaluran KUR dari 42 penyalur KUR lainnya.

"Upaya Pemerintah dengan bantuan dari berbagai pihak, termasuk platform digital diharapkan dapat menumbuhkan kembali aktivitas usaha UMKM dan mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional," tutur Airlangga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kur Gojek shopee grab indonesia
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top