Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Shopee dan Grab Jadi Merek Paling Diminati di Indonesia

Riset ini sendiri dilakukan di sejumlah negara Asia Tenggara yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina selama Juni 2020.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 23 September 2020  |  11:31 WIB
Konsumen memilih produk di salah satu situs berjualan online saat program 12.12 di Kerten, Laweyan, Solo, Rabu (12/12). - JIBI/M. Ferri Setiawan
Konsumen memilih produk di salah satu situs berjualan online saat program 12.12 di Kerten, Laweyan, Solo, Rabu (12/12). - JIBI/M. Ferri Setiawan

Bisnis.com, JAKARTA – Shopee dan Grab menjadi merek paling diminati di Indonesia selama pandemi Covid-19 menekan ekonomi nasional.

Berdasarkan riset Blackbox Research dan Toluna ‘–Into the Light: Understanding What has Changed for the ASEAN Consumer During COVID-19 ‘, Shopee menjelma sebagai pemain e-commerce terkuat di Indonesia dengan penguasaan pasar hingga 76 persen.

Tak hanya itu, Shopee juga mendapatkan predikat sebagai merek kedua yang paling memuaskan menurut para responden dalam riset itu.

Sementara itu, Grab yang hanya bertengger di posisi ketiga sebagai platform yang paling banyak digunakan justru menjadi merek yang paling memuaskan menurut para responden.

Riset ini sendiri dilakukan di sejumlah negara Asia Tenggara yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina selama Juni 2020. Adapun, jumlah responden yang dilibatkan mencapai 4.780 orang.

International Commercial Director of Blackbox Research Yashan Cama mengatakan beberapa faktor di balik kesuksesan merek-merek tersebut memenangkan persaingan adalah kemampuannya untuk fokus melokalisasi penawaran mereka dan memetakan perilaku konsumen Indonesia.

Di sisi lain, tidak semua merek menikmati pemakaian tinggi dengan kepuasan tinggi dari konsumen. Contohnya, ketika 61 persen responden menggunakan Tokopedia, tingkat kepuasaan konsumen hanya mencapai angka rata-rata.

Cama menambahkan ketika merek besar semacam Shopee disukai oleh masyarakat Indonesia, penerimaan terhadap Grab dan Tokopedia menunjukkan pemakaian yang tinggi tidak berkorelasi dengan tingkat kepuasaan yang tinggi.

“Pada akhirnya semua harus waspada, bahkan untuk Shopee, karena sentimen konsumen dapat berubah dalam sekejap jika kualitas layanan turun. Konsumen sangat menuntut dan cerdas, sebuah pengalaman yang mereka harapkan di satu industri, mereka juga harapkan di lainnya,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

shopee Grab
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top