Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Angka Kecelakaan Tinggi Jadi Cermin Norma dan Etika Lalu Lintas Rendah

Berdasarkan data dari Polri, pada 2019 terdapat 116.411 peristiwa kecelakaan, naik 7 persen dibandingkan posisi tahun lalu.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 21 September 2020  |  00:49 WIB
Kecelakaan beruntun yang terjadi di Jalan Raya Jember-Banyuwangi di Desa Sempolan, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis petang 13 Agustus 2020. - Antara/dokumentasi/Polsek Sempolan
Kecelakaan beruntun yang terjadi di Jalan Raya Jember-Banyuwangi di Desa Sempolan, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis petang 13 Agustus 2020. - Antara/dokumentasi/Polsek Sempolan

Bisnis.com, JAKARTA - Meski dihadapkan pada masa pandemi Covid-19, pemerintah untuk terus meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya keselamatan berkendara dan menekan angka kecelakaan lalu lintas terus dilakukan, mengingat kecelakaan lalu lintas didominasi korban dari usia produktif.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Imran Rasyid mengungkapkan tema Pekan Nasional Keselamatan Jalan pada 2020 berfokus pada Komitmen Pemimpin untuk menyuarakan Keselamatan Jalan yang di sertai oleh kepedulian dan peran serta masyarakat akan pentingnya Keselamatan di Jalan dengan slogan Sayangi Nyawa Suarakan Keselamatan Jalan.

"Tingginya angka pelanggaran lalu lintas mengindikasikan semakin rendahnya norma dan etika berlalu lintas, serta semakin buruknya budaya keselamatan transportasi jalan di Indonesia," kata Imran, Minggu (20/9/2020).

Menurut Imran, berdasarkan data dari Polri pada 2019 terdapat jumlah kejadian kecelakaan sebanyak 116.411 kejadian sehingga mengalami kenaikan sebesar 7 persen dari tahun sebelumnya.

Dari jumlah tersebut, kejadian kecelakaan berdasarkan jenjang pendidikan korban tertinggi adalah pelajar dan mahasiswa sebanyak 71.134 kejadian sedangkan kejadian dengan rentang usia 10-14 tahun sebanyak 7.129 kejadian dan kejadian dengan rentang usia 20-24 tahun sebanyak 13.170 kejadian.

Dia menambahkan kecelakaan lalu lintas biasanya terjadi diawali dengan pelanggaran dan sampai saat ini tumbuh kembang budaya melanggar dalam berlalu lintas di Indonesia dapat dikatakan sangat pesat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub kecelakaan
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top