Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Polemik Sepeda di Tol, Jasa Marga Ingin Ada Kajian Soal Bisnis

Jasa Marga mengusulkan agar regulator mempertimbangkan kajian dari sisi bisnis terkait dengan rencana pemberlakuan jalur sepeda di jalan tol.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 04 September 2020  |  15:03 WIB
Warga bersepeda di dekat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (25/8/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Warga bersepeda di dekat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (25/8/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga Tbk. akan mendukung apapun keputusan regulator terkait dengan rencana Pemanfaatan Ruas Jalan Tol Lingkar Dalam (Cawang-Tanjung Priok-Pluit) sisi Barat sebagai lintasan Road Bike, tetapi tentunya juga dengan mempertimbangkan kelayakan dari sisi bisnis.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menyampaikan perusahaan terbuka yang memiliki bisnis inti jalan tol harus memastikan adanya kepastian pengembalian investasi yang menentukan keberlanjutan perusahaan.

"Oleh karena itu, adanya potensi tambahan biaya serta potensi kehilangan pendapatan tol, Jasa Marga akan melakukan kalkulasi dan meneyerahkannya kepada penyelenggara/inisiator kegiatan ,Pemprov DKI Jakarta," jelasnya, Jumat (4/9/2020).

Heru menuturkan investasi untuk pembangunan hingga pengoperasian dan pemeliharaan jalan tol sangat mahal. Ditambah lagi, tujuan dibangunnya jalan tol adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Indonesia dengan mendukung logistik karena adanya efisiensi untuk transportasi, pengembangan kawasan pemukiman/industri baru.

Selain itu, rencana tersebut merupakan inisiasi dari Pemerintah Provinsi DKI yang diusulkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selaku regulator untuk jalan tol.

Namun, memang sesuai regulasi, dalam Peraturan Pemerintah No. 15/2005 tentang Jalan Tol Pasal 38, jalan tol hanya diperuntukkan bagi pengguna jalan yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

"Perizinan dan regulasi terkait ada di ranah Kementerian PUPR dan Jasa Marga akan mendukung keputusan Menteri PUPR," ujarnya.

Emiten berkode saham JSMR juga menunggu kajian dari berbagai pihak terkait dengan aspek keamanan, kapasitas lajur serta pertimbangan-pertimbangan lainnya dari berbagai pihak.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepeda jalan tol
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top