Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Peningkatan Produksi Pertamina Tak Cukup Angkat Lifting 1 Juta Barel

Target lifting 1 juta barel minyak hanya akan dapat dicapai kalau ada tambahan produksi dari giant fields baru sebesar Blok cepu atau Blok Rokan.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 01 September 2020  |  17:19 WIB
Pertamina EP Cepu telah menyelesaikan tahapan completion yang merupakan proses pemasangan tubing (pipa produksi) beserta seluruh kelengkapannya. - Istimewa/Pertamina
Pertamina EP Cepu telah menyelesaikan tahapan completion yang merupakan proses pemasangan tubing (pipa produksi) beserta seluruh kelengkapannya. - Istimewa/Pertamina

Bisnis.com, JAKARTA — Peningkatan produksi yang diproyeksikan PT Pertamina (Persero) dinilai belum mampu mendongkrak produksi minyak dan gas bumi siap jual dalam negeri hingga 1 juta barel.

Staf pengajar Universitas Trisakti Pri Agung Rakhmanto berpendapat bahwa peningkatan produksi yang direncanakan Pertamina tentunya bakal membantu untuk mencapai target produksi minyak dan gas bumi siap jual (lifting) 1 juta barel.

Menurutnya, target lifting 1 juta barel hanya akan dapat dicapai kalau ada tambahan produksi dari lapangan raksasa baru sebesar Blok cepu atau Blok Rokan.

"Jadi, secara sederhana, 1 juta barel produksi itu akan dapat kita capai jika kita punya kurang lebih empat Blok Cepu lagi," katanya kepada Bisnis, Selasa (1/9/2020).

Sebelumnya, Direktur PT Pertamina Hulu Energi (Subholding Hulu) Pertamina Budiman Parhusip memaparkan bahwa hingga 5 tahun ke depan pihaknya bakal secara perlahan meningkatkan produksinya.

Perusahaan akan meningkatkan produksi migas sampai dengan 2024 mendatang hingga 910.000 barel setara minyak per hari (boepd) yang terdiri atas produksi minyak 380.000 barel per hari (bph) dan gas 530 MMscfd.

Jumlah itu meningkat jika dibandingkan dengan target hingga akhir tahun ini yakni 725.000 boepd dengan perincian 310.000 bph minyak mentah dan 415 MMscfd gas.

"Hal-hal yang kami lakukan untuk mempertahankan produksi bahwa kami me-manage existing base yang mayoritas mature oil field dengan cara eksplorasi di existing sehingga apabila ada penemuan bisa cepat kami develop dan kami agresif melakukan pengeboran dan workover sumur," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina lifting minyak
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top