Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Program Diskon OTA Bisa Undang Minat Investor

Amvesindo menilai adanya program diskon dari online travel agent (OTA) bisa menjadi salah satu faktor untuk menarik minat investasi.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 31 Agustus 2020  |  16:51 WIB
Aktifitas penerbangan di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (26/2/2020). Bisnis - Paulus Tandi Bone
Aktifitas penerbangan di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (26/2/2020). Bisnis - Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - Keberhasilan platform daring di sektor agen perjalanan (online travel agent/OTA) dalam menjalankan program potongan harga menjadi indikator penting bagi perusahaan agar dapat dilirik oleh investor. Meskipun, program tersebut dinilai tidak akan berdampak banyak bagi pemulihan ekonomi di sektor pariwisata.

Bendahara Asosiasi Modal Ventura Seluruh Indonesia (Amvesindo) Edward Ismawan Chamdani mengatakan kecilnya dampak program diskon yang telah dijalankan oleh Traveloka dan Tiket.com tersebut terhadap ekonomi di sektor pariwisata terkait dengan sulitnya pemulihan penjualan tiket pesawat yang sangat bergantung kepada penanganan pandemi virus corona (Covid-19).

"Khusus untuk tiket penerbangan, selama kondisi pandemi belum mereda sepertinya akan sulit kembali seperti semula. Meskipun, diskon tiket pesawat untuk periode pergi-pulang dengan jadwal fleksibel bisa mengangkat penjualan tiket bagi pembeli yang mengejar diskon," ujar Edward kepada Bisnis.com, Senin (31/8/2020).

Menurutnya, tren pariwisata hyperlocal tourism yang saat ini dinilai lebih diminati serta kepercayaan yang lebih tinggi terhadap kendaraan jalur darat juga menjadi tantangan yang cukup besar bagi jasa transportasi penerbangan domestik.

Bahkan, platform penyedia jasa transportasi daring dianggap perlu melihat ceruk dari tren tersebut dan melakukan penyesuaian terhadap program pemasaran perusahaan.

Pasalnya, keberhasilan perusahaan mendominasi di sektor pariwisata sangat penting bagi ekosistem investasi.

"Jadi, keberhasilan startup-startup untuk menjadi nomor 1 atau paling tidak nomor 2 menjadi penting sekali, bahkan keharusan agar bisa dilirik para VC besar," kata Edward.

Sebagai informasi, pekan lalu dua platform OTA terbesar Tanah Air, yakni Traveloka dan Tiket.com, menjalankan program potongan harga untuk semua rute penerbangan domestik.

Adapun, kedua platform memberikan diskon dengan kisaran Rp150.000 -- Rp250.000 untuk setiap penjualan tiket dengan nilai transaksi minimum Rp1 juta hingga Rp2,5 juta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata StartUp
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top