Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bos AP II: Jumlah Penumpang Bulan Ini Bisa Tembus 2 Juta Orang

Angkasa Pura II memprediksi jumlah penumpang di 19 bandara kelolaannya bisa mencapai 2 juta orang pada Agustus 2020.
Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin./Bisnis-Rio Sandy Pradana
Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin./Bisnis-Rio Sandy Pradana

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) optimistis jumlah penumpang di 19 bandara kelolaan mencapai 2 juta orang pada Agustus 2020 seiring dengan industri penerbangan yang mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan pada 1-28 Agustus 2020 jumlah pergerakan penumpang mencapai 1,9 juta orang, atau baik 41 persen bila dibandingkan dengan 1 – 28 Juli 2020 yang hanya 1,34 juta penumpang. Sementara itu, pergerakan pesawat naik 17 persen menjadi 22.540 penerbangan dan volume kargo stabil di angka 44,26 juta kilogram.

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta, jumlah pergerakan penumpang mencapai 1,1 juta orang atau naik sekitar 40 persen dari sebelumnya 794.971 orang. Pergerakan pesawat naik 18 persen menjadi 12.983 penerbangan, dan volume angkutan kargo naik 1 persen menjadi 35,16 juta kilogram.

"Tren yang ada menunjukkan jumlah pergerakan penumpang pesawat di 19 bandara pada Agustus akan menembus 2 juta orang. Apabila tembus 2 juta orang, maka penumpang pada Agustus naik sekitar 500.000 orang dibandingkan dengan sepanjang Juli 2020," kata Awaluddin, Sabtu (29/8/2020).

Pada Agustus ini jumlah penumpang diperkirakan mencapai 2 juta orang atau yang tertinggi secara bulanan sejak pandemi global Covid-19. Upaya AP II bersama stakeholder sudah terlihat dalam menggairahkan penerbangan yakni melalui utilisasi slot penerbangan, mengaktifkan kembali rute/destinasi  penerbangan dan meningkatkan frekuensi penerbangan.

Lalu lintas penerbangan semakin pulih dan AP II bersama stakeholder berkomitmen semakin siap dalam menerapkan dan menjaga jalanya protokol kesehatan agar tetap ketat. Peningkatan jumlah penerbangan dan penumpang pesawat pada kuartal III/2020 ini tidak lepas dari upaya perseroan untuk kembali ke bisnis inti (back to the core business).

Adapun kembali ke bisnis inti merupakan salah satu strategi perseroan untuk menjaga stabilitas perusahaan di tengah tantangan hebat akibat pandemi global Covid-19. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper