Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bos BI: Pemulihan Ekonomi Global Bergantung pada Faktor Ini

Kecepatan pemulihan ekonomi global ke depan akan dipengaruhi oleh perkembangan Covid-19 dan mobilitas ekonomi merespons pandemi.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 19 Agustus 2020  |  18:57 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Kamis (9/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Kamis (9/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan perekonomian global mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan setelah mengalami tekanan yang berat akibat pandemi Covid-19 di kuartal II/2020.

Pertumbuhan ekonomi di banyak negara maju dan berkembang pada kuartal II/2020 mengalami kontraksi yang tajam akibat pembatasan mobilitas untuk memitigasi penyebaran Covid-19.

"Indikasi perbaikan ekonomi mulai terlihat di beberapa negara, khususnya di China, didorong dampak penyebaran Covid-19 yang telah berkurang dan stimulus kebijakan fiskal yang besar," katanya, Rabu (19/8/2020).

Perry memperkirakan perekonomian global pada semester kedua 2020 akan membaik, meskipun belum kembali ke level sebelum pandemi Covid-19, sejalan dengan penerapan protokol kesehatan di era kenormalan baru.

Menurutnya, sejumlah indikator ekonomi dini yang mengindikasikan arah pemulihan ekonomi global itu, yaitu meningkatnya mobilitas masyarakat global, membaiknya keyakinan konsumen dan bisnis di banyak negara, serta naiknya PMI manufaktur di Amerika Serikat, Eropa, dan China.

Perry menambahkan, kecepatan pemulihan ekonomi global ke depan akan dipengaruhi oleh perkembangan Covid-19 dan mobilitas ekonomi merespons pandemi.

Selain itu, faktor yang menentukan juga adalah besaran dan kecepatan stimulus kebijakan, terutama stimulus fiskal, kondisi sektor keuangan dan korporasi, serta struktur perekonomian suatu negara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia pemulihan ekonomi
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top